REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform audio streaming Spotify membagikan tren peningkatan konsumsi audio pada waktu-waktu tertentu sebelum dan setelah berbuka puasa. Juga hadirnya ragam konten spesial Ramadhan yang ada di aplikasi tersebut.
Marketing Lead Spotify Indonesia Cassandra Aprilanda mengakui, memasuki Ramadhan, rutinitas kita mengalami perubahan yang cukup signifikan, termasuk konsumsi sosial media dan kebiasaan streaming pada platform seperti Spotify.
Menurut data internal Spotify, streaming selama Ramadhan cenderung terjadi mulai pukul 14.00 WIB hingga 16.00 WIB menjelang ngabuburit atau aktivitas menunggu waktu berbuka puasa. Menariknya, Spotify mendapati bahwa terjadi peningkatan streaming yang signifikan pada pukul 05.00 WIB setelah sahur.
"Di waktu tersebut, pendengar lebih banyak mendengarkan konten podcast yang reflektif dan menenangkan hati," kata Cassandra melalui siaran pers dilansir Antara, Jumat (15/3/2024).