Sabtu 16 Mar 2024 08:33 WIB

Kawal RUU DKJ, Nasdem: Jangan Sampai Konsep Aglomerasi Singkirkan Orang Kecil

Nasdem mengawal RUU DKJ agar konsep aglomerasi tidak menyingkirkan orang kecil.

Rep: Eva Rianti/ Red: Bilal Ramadhan
Anggota Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino. Nasdem mengawal RUU DKJ agar konsep aglomerasi tidak menyingkirkan orang kecil.
Foto: Dok DPRD DKI
Anggota Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino. Nasdem mengawal RUU DKJ agar konsep aglomerasi tidak menyingkirkan orang kecil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem akan terus melakukan pengawalan pembahasan rancangan undang-undang (RUU) Daerah Khusus Jakarta (DKJ). Salah satu poin yang akan diawasi adalah mengenai konsep kawasan aglomerasi dalam RUU DKJ.

Sekretaris DPW Partai Nasdem Wibi Andrino mengatakan, konsep aglomerasi dalam RUU DKJ harus benar-benar diperhatikan secara detail. Pasalnya, kawasan aglomerasi itu akan diterapkan di Jakarta, Depok, Tangerang, Bogor, hingga Cianjur. Artinya, detail konsep mengenai penanganan kemacetan, tata ruang, dan banjir, di kawasan aglomerasi itu harus jelas.

"Jangan sampai kita berbicara tata ruang misalnya di DKI Jakarta, orang-orang kecil itu makin lama makin tersingkir. Di Jakarta hanya membangun, misalnya pusat-pusat bisnis baru, sehingga akhirnya muncul ketimpangan. Nah detail ini yang harus kita pelajari seksama," kata Wibi di Nasdem Tower, Jumat (15/3/2024).

Wibi menambahkan, partainya tak ingin roda pembangunan yang nantinya diterapkan di Jakarta akan mengesampingkan orang-orang kecil. Alhasil, warga di Jakarta akan makin terpinggirkan.

"Poin pertama adalah jangan sampai nanti aglomerasi terjadi berbicara tentang kebanjiran. ada masifnya penggusuran. Kami berharap tidak ada seperti itu," ujar dia.

Wibi menambahkan, pihaknya akan terus memberikan masukan terkait pembahasan RUU DKJ melalui anggota Fraksi Partai Nasdem DPR. Masukan yang diberikan itu merupakan aspirasi dari masyarakat.

Seperti diketahui, DPR RI masih terus melakukan pembahasan RUU DKJ. Dalam pembahasannya, Badan Legislasi (Baleg) DPR menerima pendapat terkait tidak tepatnya jika kewenangan kawasan aglomerasi diserahkan langsung ke wakil presiden.

Akhirnya, Baleg memasukkan norma bahwa ketua dan anggota Dewan Kawasan Aglomerasi ditunjuk oleh presiden. Penunjukan itu bisa dilakukan kepada wakil presiden atau sosok lain, yang nanrinya akan diatur melalui peraturan presiden (perpres).

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِيْ وُعِدَ الْمُتَّقُوْنَ ۗفِيْهَآ اَنْهٰرٌ مِّنْ مَّاۤءٍ غَيْرِ اٰسِنٍۚ وَاَنْهٰرٌ مِّنْ لَّبَنٍ لَّمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهٗ ۚوَاَنْهٰرٌ مِّنْ خَمْرٍ لَّذَّةٍ لِّلشّٰرِبِيْنَ ەۚ وَاَنْهٰرٌ مِّنْ عَسَلٍ مُّصَفًّى ۗوَلَهُمْ فِيْهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ وَمَغْفِرَةٌ مِّنْ رَّبِّهِمْ ۗ كَمَنْ هُوَ خَالِدٌ فِى النَّارِ وَسُقُوْا مَاۤءً حَمِيْمًا فَقَطَّعَ اَمْعَاۤءَهُمْ
Perumpamaan taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa; di sana ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, dan sungai-sungai air susu yang tidak berubah rasanya, dan sungai-sungai khamar (anggur yang tidak memabukkan) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah-buahan dan ampunan dari Tuhan mereka. Samakah mereka dengan orang yang kekal dalam neraka, dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga ususnya terpotong-potong?

(QS. Muhammad ayat 15)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement