Sabtu 16 Mar 2024 14:23 WIB

Dicemooh Lambat ke EV, Strategi Toyota dengan Mobil Hybrid Raih Keuntungan Besar

Strategi yang diambil Toyota terlihat antara bodoh dan jenius.

Pengunjung melihat Toyota All New Alphard Hybrid Electric Vehicle (HEV) di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (10/8/2023).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pengunjung melihat Toyota All New Alphard Hybrid Electric Vehicle (HEV) di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (10/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam industri otomotif yang berteknologi tinggi dan penuh risiko saat ini, keadaan dapat berubah dengan cepat, dan saat ini tidak ada contoh yang lebih baik selain Toyota Motor. Belum lama ini, Toyota tampak tertinggal jauh dalam hal kendaraan listrik. 

Tesla, pionir mobil listrik, telah berkembang pesat dan menjadi produsen mobil paling berharga di dunia. Melihat kesuksesan Tesla, perusahaan lain, seperti General Motors dan Ford Motor, menyimpulkan bahwa sejumlah besar konsumen siap beralih ke mobil dan truk bertenaga baterai dan mulai menginvestasikan puluhan miliar dolar AS untuk mengejar ketertinggalan tersebut.

Baca Juga

Namun, Toyota lebih berhati-hati – atau lambat, menurut para pengkritiknya. Sejauh ini mereka hanya memperkenalkan dua model kendaraan listrik sepenuhnya di Amerika Serikat, dan mereka yakin bahwa kendaraan hibrida gas-listrik dan kendaraan hibrida plug-in, yang selama ini dikenal, akan tetap populer dan mampu mengatasi perubahan iklim untuk saat ini.

Di tengah tingginya antusiasme terhadap kendaraan listrik dalam beberapa tahun terakhir, ada kesan sepertinya Toyota belum memahaminya.

“Saya terkejut ketika pertama kali mendengar tentang strategi Toyota karena saya dapat melihat apa yang dilakukan Tesla,” kata Earl Stewart, diler Toyota di Lake Park, Florida, yang juga senang mengendarai Tesla Model S miliknya.

Namun dalam enam bulan terakhir, penjualan kendaraan listrik melambat, dan pembeli mobil Amerika yang ingin mengurangi tagihan bahan bakar dan emisi knalpot berbondong-bondong beralih ke kendaraan hibrida. Kini penjualan Toyota sedang booming dan perusahaan melaporkan keuntungan besar.

“Ini bukan pertama kalinya Toyota membuktikan bahwa saya salah, dan ini juga bukan yang terakhir,” kata Stewart.

Kekuatan Toyota yang tiba-tiba menjadi pengingat betapa besarnya perubahan yang terjadi di industri otomotif. Perkembangan teknologi, termasuk kendaraan listrik, microchip canggih, dan perangkat lunak, kini mengubah sektor yang dulunya merupakan sektor yang bergerak lambat dan stabil menjadi industri yang dinamis, sehingga bahkan produsen yang bergerak cepat dan dikelola dengan baik pun bisa tersingkir dari jalurnya.

Toyota, sebuah perusahaan Jepang, adalah produsen mobil terbesar di dunia; ia menjual lebih dari 11 juta kendaraan pada tahun 2023, enam kali lebih banyak dari Tesla. 

Toyota naik peringkat dalam industri ini secara perlahan selama lebih dari setengah abad, pertama mengekspor mobil kecil ke Amerika Serikat, kemudian membangun pabrik di wilayah Selatan dan Barat Tengah, menambah merek mewah dan berekspansi ke segmen yang didominasi oleh pesaingnya yang berbasis di Michigan. seperti truk pickup ukuran penuh.

Beberapa kali dalam perjalanannya, Toyota telah melawan kebijakan konvensional industri. Pengenalan merek Lexus kelas atas pada tahun 1989, tampak seperti pertaruhan yang berisiko hingga penjualannya melampaui BMW dan Mercedes-Benz. Dua puluh satu tahun yang lalu, Toyota memperkenalkan Prius, sebuah mobil kecil dengan mesin bensin kompak dan motor listrik yang ditenagai oleh baterai.

Kombinasi ini memungkinkan Prius menempuh jarak 50 mil atau lebih dengan satu galon bahan bakar, dan model hibrida plug-in dapat melakukan perjalanan singkat tanpa menggunakan bensin apa pun. Produsen mobil lain menganggap mobil tersebut sebagai sebuah keingintahuan, namun Prius sukses, dan tak lama kemudian GM, Ford, dan lainnya mengembangkan mobil hybrid mereka sendiri.

CEO Tesla Elon Musk mencemooh hibrida, dengan mengatakan tidak masuk akal untuk memiliki dua sistem propulsi. Konsumen sepertinya tidak peduli. 

Toyota menawarkan lebih dari dua lusin model hybrid atau plug-in hybrid, dan keduanya menyumbang hampir 30 persen dari penjualannya, jauh lebih tinggi dibandingkan kebanyakan produsen mobil lainnya. Tahun lalu di pasar AS, Toyota menjual 2,2 juta kendaraan — lebih banyak dari semua produsen mobil kecuali GM.

Pada bulan Januari dan Februari, penjualan Toyota di AS naik 20 persen, didorong oleh kenaikan penjualan model hybrid dan plug-in sebesar 83 persen.

“Kami tidak mengatakan bahwa kendaraan listrik bukanlah solusi yang baik untuk mengatasi emisi karbon,” kata Jack Hollis, wakil presiden eksekutif Toyota di Amerika Utara. Ini bukan satu-satunya solusi, dan banyak pelanggan kami mengatakan bahwa mereka menginginkan pilihan – hibrida, plug-in, dan kendaraan listrik.”

Strateginya membuahkan hasil. Dalam periode sembilan bulan yang dimulai pada bulan April lalu, Toyota memperoleh laba sebesar 27 miliar dolar AS, kira-kira dua kali lipat pendapatannya dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sebagai perbandingan, laba Tesla sebesar 15 miliardolar AS pada tahun 2023 sekitar 19 persen lebih tinggi dibandingkan angka pada tahun 2022.

Toyota bukan tanpa masalah.......

sumber : Japantimes.co.jp
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement