REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mendukung program Bank Indonesia untuk memastikan kesiapan uang tunai layak edar selama Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah. Direktur Operasi dan Digital Bank Muamalat Wahyu Avianto mengatakan, kesiapan tersebut dilakukan dalam rangka mengantisipasi tingginya kebutuhan masyarakat akan uang tunai selama periode tersebut.
Bank Muamalat turut berpartisipasi dalam kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (Serambi) 2024 yang digagas oleh Bank Indonesia pada Jumat (15/3/2024). “Sesuai arahan dari Bank Indonesia, kami telah menyiapkan uang tunai beserta infrastruktur dan layanan pendukung seperti kantor cabang, jaringan ATM dan kas mobil guna melayani kebutuhan masyarakat,” ujarnya.
Bank Muamalat menyiapkan uang tunai sekitar Rp 736 miliar untuk melayani kebutuhan transaksi penukaran uang baru dan penarikan tunai di ATM dan kantor cabang selama Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini. Di samping melayani penukaran uang tunai di kantor cabang mulai tanggal 1-5 April 2024, Bank Muamalat turut berpartisipasi dalam program Bank Indonesia yaitu layanan penukaran uang gres kepada masyarakat melalui kas keliling.
Mobil kas keliling Bank Muamalat berlokasi di Istora Senayan dengan periode penukaran 28–31 Maret 2024. Uang pecahan yang disiapkan mulai dari pecahan paling kecil yaitu Rp 1.000 sampai dengan pecahan Rp 100 ribu.
Selama periode ini Bank Muamalat tetap mengoptimalkan layanan digital seperti aplikasi mobile banking Muamalat DIN, internet banking Madina serta jaringan ATM guna melayani kebutuhan transaksi nasabah. Penarikan uang tunai juga dapat dilakukan melalui Indomaret menggunakan fitur tarik tunai di aplikasi Muamalat DIN.
Selain tarik tunai tanpa kartu di Indomaret, nasabah tetap dapat melakukan penarikan tunai di ATM Bank BNI, BRI, Mandiri dan bank-bank lainnya dengan menggunakan kartu ATM seperti biasa, termasuk ATM Bank Muamalat.
Wahyu mengatakan, selama bulan Ramadhan, jam operasional layanan kantor cabang Bank Muamalat dimulai dari pukul 08.00 hingga 15.00 waktu setempat untuk seluruh kantor cabang. Khusus untuk hari Jumat, jam istirahat layanan adalah pukul 11.30 hingga 13.00 waktu setempat. Adapun layanan contact center Salamuamalat tetap dapat diakses selama 24 jam setiap hari melalui nomor 1500016 atau untuk nasabah luar negeri melalui nomor +6221 8066 8000.