Senin 18 Mar 2024 03:10 WIB

Kisah Mualaf Dian Sastro dan Surat Pertama yang Dihafal

Dian Sastrowardoyo memeluk agama Islam dan menjadi mualaf di usia 21 tahun.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Dian Sastrowardoyo
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Dian Sastrowardoyo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Dian Sastrowardoyo mengisahkan perjalanan spiritual ketika masih berusia muda. Kisah ini dia ceritakan di kanal Youtube Curhat Bang Denny Sumargo.

Dian dibesarkan dalam keluarga yang memiliki keberagaman agama. Ibunya seorang Katolik dan ayahnya Buddha. "Digedein di keluarga yang lumayan warna-warni," kata Dian, dikutip dari kanal Youtube milik Denny Sumargo itu.

Baca Juga

BACA JUGA: Bacaan Dzikir Pagi Lengkap dengan Arab, Latin, dan Terjemahannya

Kemudian waktu SMA, Dian mulai membaca buku-buku filsafat. Saat itulah dia berpikir jangan-jangan panggilan untuk dirinya adalah Buddha, mengikuti jejak ayahnya. Lalu, dia menyampaikan hal tersebut sang ibu, dan ibu mempersilakan untuk menemukannya sendiri.

Dian bahkan menyampaikan sebuah permintaan yang ditujukan kepada Tuhan. Dia meminta kepada Tuhan untuk membantu menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mendasarnya.

"Gue ngucap sama Tuhan, gue bilang, 'Ya Tuhan aku tuh orangnya pengen nanya kenapa kita harus, pokoknya repot banget sih gini gini, buat apa'. Aku pengen terjawab pertanyaan-pertanyaan kayak gitu. 'Kalau diri-Mu bisa memberikan aku pemimpin agama yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan aku, maka aku mau menjalani agama itu'," kata Dian.

Setelah itu Dian mempelajari semua agama...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement