Senin 18 Mar 2024 16:12 WIB

Selama Ramadhan, Bank Mega Syariah Bidik Penerbitan 2.500 Kartu Syariah Card

Mega syariah targetkan penerbitan kartu Syariah Card mencapai 25 ribu kartu pada 2024

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Lida Puspaningtyas
Mendukung tren gaya hidup halal, Bank Mega Syariah meluncurkan Syariah Card pada Jumat (14/4/2023).
Foto: Dok Bank Mega Syariah
Mendukung tren gaya hidup halal, Bank Mega Syariah meluncurkan Syariah Card pada Jumat (14/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Mega Syariah menargetkan penerbitan 2.500 kartu Syariah Card selama Ramadhan. Hal ini lantaran pembiayaan konsumsi menjadi salah satu segmen yang mengalami pertumbuhan selama bulan suci Ramadhan. Diprediksi akan banyak permintaan untuk pembiayaan kendaraan, perumahan, dan konsumtif lainnya meningkat seiring meningkatnya aktivitas belanja selama bulan suci ini.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Maret 2023 yang menjadi momen awal Ramadhan, kredit/pembiayaan konsumsi bank umum meningkat 0,84 persen dari bulan Februari. Padahal Januari 2023  kinerjanya negatif 0,10 persen dari Desember 2022.

Baca Juga

 

Tren serupa juga terlihat pada pembiayaan bank umum syariah dan unit syariah pada Maret 2023 yang naik 1,26 persen dari bulan sebelumnya. Catatan ini lebih tinggi dari pertumbuhan bulan Januari yaitu 0,49 persen dan Februari 1,17 persen (month to month).

 

Syariah Card Business Division Head Bank Mega Syariah Eva Dahlia Kusumawati optimistis pembiayaan konsumsi Bank Mega Syariah di bulan Ramadhan juga akan tumbuh, terutama di sektor retail. Karena itu, Bank Mega Syariah mengoptimalkan momentum Ramadhan untuk menggenjot transaksi pembiayaan melalui kartu pembiayaan dari Bank Mega Syariah atau Syariah Card.

 

“Bank Mega Syariah menargetkan lebih dari 2.500 kartu baru serta menggenjot nilai transaksi Syariah Card secara signifikan dengan proyeksi nilai transaksi sebesar lebih dari Rp 20 miliar selama Ramadhan,” ungkap Eva, Senin (18/3/2024).

 

Sebagai bagian dari strategi ekspansi, Bank Mega Syariah menghadirkan berbagai program menarik bagi pengguna Syariah Card. Nasabah dapat menikmati diskon hingga Rp 200 ribu dari e-commerce seperti shopee, blibli.com, serta merchant retail lainnya. Selain itu, terdapat diskon hingga 50 persen setiap berbelanja di berbagai merchant Food & Beverage seperti Baskin Robbins, Wendy’s, Coffee Bean and Tea Leaf, dan masih banyak lagi.

 

Eva menjelaskan sejak soft launching pada April hingga Desember 2023, Syariah Card yang diterbitkan telah mencapai lebih dari 10.000 kartu. Bank mega syariah menargetkan penerbitan kartu Syariah Card mencapai 25 ribu kartu hingga akhir 2024 atau naik 150 persen dari tahun sebelumnya.

 

“Bank Mega Syariah bertekad untuk terus berkontribusi dalam pengembangan ekosistem keuangan syariah di Indonesia, serta memberikan pilihan yang lebih luas dan beragam bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan keuangan sesuai prinsip syariah,” jelas Eva.

 

Sebagai informasi, penggunaan kartu kredit dan kartu pembiayaan masih sangat diminati masyarakat Indonesia untuk melakukan transaksi pembayaran. Data Bank Indonesia (BI) menunjukkan pada 2023 total nilai transaksi kartu kredit termasuk kartu pembiayaan syariah mencapai Rp 405,33 triliun, tumbuh 25,25 persen dari 2022. Pada periode yang sama, jumlah kartu yang diterbitkan meningkat 3,08 persen mencapai 17,72 juta kartu.

 

     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement