Senin 18 Mar 2024 21:57 WIB

Aturan Pelaporan Iklim Dinilai akan Dorong Keputusan Investasi yang lebih Baik

Para investor dukung penuh aturan pelaporan iklim perusahaan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Para investor sangat mendukung peraturan pelaporan terkait keberlanjutan yang baru seperti CSRD Uni Eropa dan peraturan pelaporan iklim baru SEC AS.
Foto: www.freepik.com
Para investor sangat mendukung peraturan pelaporan terkait keberlanjutan yang baru seperti CSRD Uni Eropa dan peraturan pelaporan iklim baru SEC AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para investor sangat mendukung peraturan pelaporan terkait keberlanjutan yang baru seperti CSRD Uni Eropa dan peraturan pelaporan iklim baru SEC AS, dengan sebagian besar dari mereka juga percaya bahwa data ESG yang berkualitas tinggi akan memungkinkan keputusan investasi yang lebih baik. Hal ini menurut sebuah survei baru yang dirilis oleh penyedia solusi data dan pelaporan bisnis Workiva.

Untuk laporan yang berjudul “Executive Benchmark on Integrated Reporting 2024”, Workiva melakukan survei terhadap hampir 900 eksekutif di perusahaan-perusahaan yang memiliki pendapatan lebih dari 250 juta dolar AS dan lebih dari 100 investor institusional di seluruh Amerika Utara.

Baca Juga

Survei ini menemukan bahwa terlepas dari reaksi politik baru-baru ini terhadap inisiatif pelaporan ESG dan keberlanjutan di AS, lebih dari 80 persen investor Amerika Utara belum mengubah cara mereka mengambil keputusan investasi. Mayoritas investor tampaknya mendukung peraturan pengungkapan ESG yang baru dan yang sedang berkembang.

Sekitar 9 dari 10 investor percaya bahwa peraturan pelaporan keberlanjutan yang baru akan membantu mereka membuat keputusan investasi yang lebih tepat, termasuk 90 persen untuk peraturan CSRD Uni Eropa, 89 persen untuk undang-undang pengungkapan iklim California, dan 91 persen untuk peraturan pengungkapan iklim SEC.