Senin 18 Mar 2024 22:57 WIB

Pemprov Kalsel Targetkan 1.000 Orang Ikuti Program Mudik Gratis

Pemprov Kalsel menggelar mudik gratis pada 6 hingga 7 April 2024.

Red: Qommarria Rostanti
Mudik Gratis (ilustrasi). Pemprov Kalsel menargetkan 1.000 orang mengikuti mudik gratis.
Foto: Republika/Wihdan
Mudik Gratis (ilustrasi). Pemprov Kalsel menargetkan 1.000 orang mengikuti mudik gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan 1.000 kuota mudik gratis bagi masyarakat untuk pulang kampung merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H atau 2024 Masehi. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel M Fitri Hernadi menyampaikan bahwa mudik gratis ini merupakan program tahun lalu yang kembali digelar tahun ini.

Sesuai instruksi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor untuk membantu masyarakat pulang kampung merayakan Idul Fitri, khususnya untuk seputaran wilayah provinsi ini, digelar mudik gratis pada 6-7 April 2024. Disampaikan Fitri, target untuk mudik gratis ini mengangkut sebanyak 1.000 orang.

Baca Juga

Untuk unit angkutan yang digunakan, tutur dia, yakni dengan kolaborasi dengan Damri dan Organda, selain unit yang dimiliki Pemprov Kalsel sendiri. Menurut dia, Dishub Kalsel berkoordinasi dengan Organda untuk penyediaan layanan angkutan dari anggota Organda, dengan terlebih dahulu melakukan ramp check uji kelayakan dan keselamatan armada angkutan yang akan digunakan.

"Kita juga berkomunikasi kepada pihak-pihak yang berpotensi dapat membantu penyediaan beberapa bus untuk mudik nantinya. Saat ini kita masih mendata armada bus hiace dari SKPD Pemprov Kalsel yang dapat diterjunkan melayani mudik gratis tahun ini," kata Fitri.

Pada tahun lalu, disampaikannya bahwa kegiatan mudik gratis diikuti 500-600 masyarakat dengan titik kumpul di Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru. "Tahun 2024 ini, untuk titik kumpul masih ditentukan dan dikoordinasikan. Namun untuk tujuan masih sama seperti tahun lalu, yakni hingga titik terjauh ke Tanjung dan ke Kotabaru, namun tahun ini akan dilayani pula mudik dari Banua Enam dan dari Kotabaru," ujar Fitri.

Selanjutnya, untuk pendaftaran mudik gratis masih menunggu hasil dari uji kelayakan dari armada Pemprov dan Organda, nantinya setelah kuota ditentukan, maka dapat diketahui jumlah masyarakat yang dapat dilayani. Link pendaftaran akan segera disebarkan kepada masyarakat luas.

"Silakan subscribe dan pantau medsos Pemprov Kalsel dan juga medsos Dishub Kalsel, karena setelah diumumkan link pendaftaran, biasanya pendaftar akan membludak. Sangat disarankan bagi masyarakat yang berminat untuk memanfaatkan mudik gratis agar nanti segera mendaftar, sebelum kuotanya penuh," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement