Selasa 19 Mar 2024 08:04 WIB

Sakit Ginjal, Betulkah Harus Pantang Makan Belimbing?

Pola makan sehat bantu jaga kesehatan ginjal.

Red: Reiny Dwinanda
Buah belimbing. Belimbing memiliki senyawa yang dapat menumpuk, sehingga menjadi racun bagi seseorang yang memiliki gangguan ginjal.
Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Buah belimbing. Belimbing memiliki senyawa yang dapat menumpuk, sehingga menjadi racun bagi seseorang yang memiliki gangguan ginjal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesehatan ginjal menjadi salah satu faktor kunci bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Itu karena organ tersebut memiliki peran yang penting bagi sejumlah fungsi tubuh.

"Kesehatan ginjal penting karena fungsi ginjal menjaga tubuh tetap berjalan dengan baik. Ginjal adalah organ penyaringan bagi tubuh, organ ini membuang produk limbah melalui urine sambil menjaga elektrolit, cairan tubuh, dan tingkat asam/basa seimbang," kata pakar gizi ginjal dari Massachusetts, Lindsay Ducharme dikutip dari Medical Daily, Selasa (19/3/2024).

Baca Juga

Selain itu, menurut Lindsay, ginjal juga berperan dalam menjaga tekanan darah dan kesehatan tulang. Kerusakan pada ginjal dapat membuat fungsi-fungsi organ tersebut tidak dapat berjalan dengan efektif.

Menerapkan diet sehat bermanfaat dalam mencegah dan mengatur kondisi ginjal yang terkena penyakit kronis. Diet ini juga berguna bagi individu yang mengalami gangguan ginjal untuk memperlambat atau menahan perkembangan dari penyakit itu.

Lindsay menyebutkan diet yang memiliki asupan sodium, lemak, gula, dan protein hewani tinggi sekaligus rendah asupan buah, sayur, dan serat dapat berpotensi menyebabkan penyakit ginjal.

"Pada seseorang yang memiliki penyakit jantung, diet yang baik dapat memperlambatm bahkan menghentikan perkembangan penyakit ini," ujar Lindsay.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement