Selasa 19 Mar 2024 08:21 WIB

Uhuy! Komedian Komeng Melenggang ke Senayan Raih Suara Terbanyak Tembus 5 Juta

Selisih suara Komeng dengan urutan kedua peraih suara terbanyak DPD RI berbeda jauh

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Komeng menang jadi anggota DPD
Foto: republika
Komeng menang jadi anggota DPD

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Komedian Alfiansyah yang populer dikenal sebagai Komeng melenggang ke Senayan menjadi senator DPD RI. Ia meraih suara terbanyak mencapai 5.399.699 unggul dari 53 calon anggota DPD lainnya di pemilu 2024 ini.

Hasil tersebut diperoleh usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat melakukan rekapitulasi suara di tingkat provinsi pada Senin (18/3/2024). Komeng akan melenggang ke senayan bersama tiga calon anggota DPD lainnya yang meraih suara tertinggi.

Baca Juga

Selisih suara Komeng dengan urutan kedua peraih suara terbanyak DPD RI relatif berbeda jauh. Ketiga calon anggota DPD RI lainnya yang melenggang ke Senayan di angka hampir mencapai 2 juta suara. "DPD suara terbesar dari Alfiansyah Komeng kurang lebih 5 juta," ujar Ketua KPU Jawa Barat Ummi Wahyuni belum lama ini.

Di urutan kedua suara terbanyak DPD RI diperoleh oleh Aanya Rina Casmayanti dengan perolehan suara 1.976.561. Sedangkan urutan kedua suara terbanyak DPD RI yaitu dipegang artis Jihan Fahira sebanyak 1.823.907. Sedangkan urutan keempat suara terbanyak DPD RI diperoleh Agita Nurfianti sebanyak 1.168.837.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat telah merampungkan rapat pleno rekapitulasi suara di tingkat provinsi pada Senin (18/3/2024) sore kemarin. Hasil rekapitulasi suara untuk pemilihan presiden tahun 2024, pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul.

"Kalau sejauh rekapitulasi pilpres unggul 02 (Prabowo-Gibran) disusul 01 (Anies-Muhaimin dan 03 (Ganjar-Mahfud)," ujar Ketua KPU Jawa Barat Ummi Wahyuni belum lama ini.

Ia mengatakan rekapitulasi suara di tingkat Jawa Barat telah selesai dilaksanakan. Selanjutnya, pihaknya akan mengikuti rapat rekapitulasi suara di tingkat nasional pada Selasa (19/3/2024).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement