Selasa 19 Mar 2024 08:54 WIB

Perjalanan Jihan Fahira, dari Artis Tersanjung, Hijrah, dan Raih 1,8 Juta Suara ke Senayan

Jihan Fahira lolos ke Senayan sebagai senator dengan perolehan suara diurutan ketiga

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Jihan Fahira.
Foto: Republika/Andrian Saputra
Jihan Fahira.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---- Sosok Jihan Fahira tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Istri dari Primus Yustisio ini merupakan salah satu artis dan model Indonesia yang tenar berkat filmnya yang lekat di masyarakat yaitu Tersanjung dan Tersayang.

Dekade tahun 2000-an, Jihan Fahira banyak menghiasi layar kaca dari mulai sinetron, film hingga bintang iklan. Seiring perjalanan waktu, sosoknya mulai jarang menghiasi layar kaca.

Baca Juga

Ia pun perlahan mulai mengubah tampilan diri dari sebelumnya tidak berhijab menjadi berhijab. Proses hijrah yang dilakoninya dibarengi dengan aktif melakukan kegiatan-kegiatan sosial, sedekah dan membantu orang yang membutuhkan.

Di tengah perjalanannya hijrah, Jihan Fahira terjun ke dunia politik dengan mendaftarkan diri sebagai calon anggota DPD RI dari daerah Jawa Barat di pemilu tahun 2024. Ia mengikuti jejak suaminya yang terlebih dahulu sudah terjun ke dunia politik dan menjadi anggota DPR RI.

Keikutsertaannya di ajang pemilu tahun 2024 meraih hasil positif. Hasil rekapitulasi suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menunjukkan Jihan Fahira lolos ke Senayan sebagai senator. Ia berada di urutan ke tiga dengan perolehan suara 1.823.907.

Urutan kedua diraih Aanya Rina Casmayanti dengan perolehan suara 1.976.561. Sedangkan urutan pertama oleh komedian Komeng yaitu sebanyak 5.399.699.

Jihan Fahira berhasil mengalahkan petahana yaitu KH Amang Syafrudin yang hanya meraih suara 1.108.516. Eni Sumarni yang meraih 285.179. Ia pun mengalahkan sosok yang pernah membuat kontroversi Aceng Fikri yang hanya meraih suara 1.128.912.

Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni mengatakan rekapitulasi suara di tingkat provinsi Jawa Barat telah selesai. Untuk suara DPD RI, ia menyebut suara terbanyak diperoleh komedian Alfiansyah Komeng. "DPD suara terbesar dari Alfiansyah Komeng kurang lebih 5 juta," kata Ummi belum lama ini.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu Jihan Fahira mengungkapkan ingin selalu lebih baik di hari ke depan dibandingkan hari sebelumnya. "Karena kita harus lebih baik lagi, hari esok harus lebih baik dari hari ini. Kalau tidak kita merugi,” kata dia.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا يَحِلُّ لَكُمْ اَنْ تَرِثُوا النِّسَاۤءَ كَرْهًا ۗ وَلَا تَعْضُلُوْهُنَّ لِتَذْهَبُوْا بِبَعْضِ مَآ اٰتَيْتُمُوْهُنَّ اِلَّآ اَنْ يَّأْتِيْنَ بِفَاحِشَةٍ مُّبَيِّنَةٍ ۚ وَعَاشِرُوْهُنَّ بِالْمَعْرُوْفِ ۚ فَاِنْ كَرِهْتُمُوْهُنَّ فَعَسٰٓى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْـًٔا وَّيَجْعَلَ اللّٰهُ فِيْهِ خَيْرًا كَثِيْرًا
Wahai orang-orang beriman! Tidak halal bagi kamu mewarisi perempuan dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, kecuali apabila mereka melakukan perbuatan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka menurut cara yang patut. Jika kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena boleh jadi kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan kebaikan yang banyak padanya.

(QS. An-Nisa' ayat 19)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement