Selasa 19 Mar 2024 16:20 WIB

Pasokan Aman, Perikanan Indonesia Jamin Ketersediaan Ikan Jelang Lebaran

Jumlah stok ikan PT Perikanan Indonesia per 19 Maret 2024 sebesar 1.300 ton.

Red: Ahmad Fikri Noor
Ketersediaan ikan untuk Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah yang ada di PT Perikanan Indonesia.
Foto: ANTARA/HO-PT Perikanan Indonesia
Ketersediaan ikan untuk Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah yang ada di PT Perikanan Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT Perikanan Indonesia, anggota dari ID FOOD, menyatakan kesiapannya untuk memenuhi ketersediaan bahan pangan, khususnya ikan kepada masyarakat saat Ramadhan dan mendekati Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024.

"Perusahaan memastikan stok atau ketersediaan ikan masyarakat aman jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN)," kata Direktur Operasional PT Perikanan Indonesia Fajar Widisasono dalam keterangan diterima di Surabaya, Selasa (19/3/2024).

Baca Juga

Fajar menjelaskan, jumlah stok ikan PT Perikanan Indonesia per 19 Maret 2024 sebesar 1.300 ton. Stok ikan ini tersimpan di 12 cabang dan 21 unit wilayah yang tersebar di Indonesia.

Ketersediaan ikan mencakup ikan konsumsi harian rumah tangga seperti tongkol, gurita, kembung, layang, deho, salem, cakalang, baby tuna, dan bandeng.

"Stok ikan dipastikan aman karena kami memanfaatkan momentum musim panen ikan yang masih berlangsung hingga saat ini dengan cara stocking ikan hasil produksi nelayan," katanya.

Menurut dia, kondisi stok pangan di sektor perikanan pada Ramadhan 2024 ini jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya dikarenakan produksi ikan di dalam negeri sangat meningkat pada dua bulan terakhir ini.

Kondisi ini dapat dilihat dari kapasitas cold storage yang rata-rata penuh, khususnya di setiap sentra perikanan di sepanjang Jawa.

Fajar menambahkan fenomena permintaan pasar terhadap ikan pada Ramadan dan menjelang lebaran meningkat dari biasanya. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan masyarakat untuk stok makanan sehat yakni 4 sehat dan 5 sempurna untuk mendukung pelaksanaan ibadah Ramadhan. Adapun ikan merupakan menu protein substitusi dari daging sapi dan ayam, agar tidak bosan.

"Peningkatan permintaan produk perikanan selama Ramadan dan jelang Lebaran ini sebesar 20 persen hingga 30 persen dari bulan-bulan sebelumnya, terutama ikan jenis pelagis," ucapnya.

Ikan pelagis, lanjut dia, sangat diminati masyarakat karena dapat diolah menjadi berbagai variasi masakan seperti abon, presto, pindang, ikan asap, rendang ikan atau abon. Adapun yang termasuk ikan pelagis yakni cakalang, tuna, tongkol, kembung, layang, marlin, selar dan lain sebagainya.

Permintaan ini, sebut dia, masih dapat terakomodasi dengan keberadaan stok yang melimpah. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu panik dengan ketersediaan ikan selama Ramadhan dan jelang Lebaran.

Lonjakan permintaan ini tersebar merata di Pulau Jawa dan wilayah Indonesia Timur seperti Makassar, Maluku Utara sampai Papua.

Fajar menambahkan PT Perikanan Indonesia telah melakukan langkah preventif guna menjaga ketersediaan stok pangan dengan semaksimal mungkin melakukan pembelian ikan dari seluruh wilayah kerja. Hal ini dimaksudkan agar jika kondisi hasil tangkapan nelayan menurun, stok ikan yang ada di gudang penyimpanan dapat tetap tersedia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement