Selasa 19 Mar 2024 17:09 WIB

Untuk Apa Allah Menciptakan Lautan yang Begitu Luas?

Penciptaan lautan yang luas oleh Allah SWT bukan tanpa manfaat.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
Panorama terumbu karang di zona konservasi bawah laut Pantai Bangsring, Banyuwangi, Jawa Timur, Ahad (13/12/2022).
Foto: ANTARA/Budi Candra Setya
Panorama terumbu karang di zona konservasi bawah laut Pantai Bangsring, Banyuwangi, Jawa Timur, Ahad (13/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perbandingan luas antara lautan dan daratan lebih luas lautan. Ada yang menyebutkan perbandingannya mencapai 70 berbanding 30.

Penciptaan lautan yang luas oleh Allah SWT bukan tanpa manfaat. Terdapat hikmah besar yang dapat direnungkan.

Baca Juga

Imam Al-Ghazali dalam bukunya Majmuah Rasail menjelaskan hikmah dibalik penciptaan lautan. Menurut Al-Ghazali diciptakannya lautan yang sangat luas demi kebermanfaatan yang besar. Melalui lautan manusia mendapatkan manfaat yang sangat besar.

Al-Ghazali mengutip Surah An-Nahl ayat 14 tentang manfaat diciptakannya lautan luas. Ayat tersebut berbunyi:

وَهُوَ الَّذِيْ سَخَّرَ الْبَحْرَ لِتَأْكُلُوْا مِنْهُ لَحْمًا طَرِيًّا وَّتَسْتَخْرِجُوْا مِنْهُ حِلْيَةً تَلْبَسُوْنَهَاۚ وَتَرَى الْفُلْكَ مَوَاخِرَ فِيْهِ وَلِتَبْتَغُوْا مِنْ فَضْلِهٖ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Wa huwal-lażī sakhkharal-baḥra lita'kulū minhu laḥman ṭariyyaw wa tastakhrijū minhu ḥilyatan talbasūnahā, wa taral-fulka mawākhira fīhi wa litabtagū min faḍlihī wa la‘allakum tasykurūn(a).

Artinya: "Dialah yang menundukkan lautan (untukmu) agar kamu dapat memakan daging yang segar (ikan) darinya dan (dari lautan itu) kamu mengeluarkan perhiasan yang kamu pakai. Kamu (juga) melihat perahu berlayar padanya, dan agar kamu mencari sebagian karunia-Nya, dan agar kamu bersyukur."

Dalam catatan kaki Quran Kemenag, lautan yang dimaksud adalah perairan yang luas baik tawar maupun asin yang mencakup laut, danau dan sungai yang luas.

Namun, konteks pembahasan Al-Ghazali adalah lautan. Di dalam lautan terdapat banyak sekali spesies ikan serta mutiara yang nilainya besar. Ikan dan mutiara itu bisa memberikan manfaat ekonomi kepada manusia.

Keberadaan mutiara...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement