Cegah Kebakaran, Masyarakat Diingatkan tak Lupa Matikan Kompor Setelah Masak Sahur

Red: Qommarria Rostanti

Selasa 19 Mar 2024 19:34 WIB

Warga berada di lokasi kebakaran (ilustrasi). Masyarakat diimbau mewaspadai kebakaran selama Ramadhan. Salah satunya dengan tak lupa mematikan kompor setelah masak sahur. Foto: Republika/Prayogi. Warga berada di lokasi kebakaran (ilustrasi). Masyarakat diimbau mewaspadai kebakaran selama Ramadhan. Salah satunya dengan tak lupa mematikan kompor setelah masak sahur.

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mengimbau masyarakat di daerah tersebut agar mewaspadai potensi kebakaran selama Ramadhan 1445 Hijriah. Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lebak Agust Riza Faesal mengingatkan masyarakat agar tidak lupa mematikan kompor atau kayu bakar setelah digunakan untuk memasak, utamanya saat sahur.

Menurut dia, masyarakat yang memasak pada dini hari terkadang dalam kondisi mengantuk, sehingga lupa mematikan kompor dan tungku kayu bakar. "Kami minta masyarakat selalu waspada agar tidak terjadi kebakaran selama bulan puasa Ramadhan 1445 Hijriah," kata dia, Selasa (19/3/2024).

Baca Juga

Kepala Bidang Pemadaman Kebakaran pada Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Lebak Iwan Darmawan mengatakan, kasus kebakaran selama Ramadhan tercatat 14 kasus, dengan sembilan kasus di antaranya tertanggulangi dan lima kasus tidak tertanggulangi karena lokasinya yang sulit untuk dilakukan pemadaman. 

"Kami minta masyarakat pada Ramadhan ini agar waspada terhadap potensi kebakaran dan tidak lupa mematikan kompor setelah memasak, terutama pada saat sahur," ujarnya.

Terpopuler