Selasa 19 Mar 2024 22:23 WIB

Pemain Naturalisasi Ini Tanggapi Sindiran Vietnam Soal Indonesia Rasa Timnas Belanda

Vietnam benar-benar berambisi mengalahkan timnas Indonesia.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain timnas Indonesia Nathan Tjoe-A-On di Jakarta, Selasa (19/3/2024).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Pemain timnas Indonesia Nathan Tjoe-A-On di Jakarta, Selasa (19/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nathan Tjoe-A-On mengaku tak sabar untuk debut bersama timnas Indonesia. Pemain berusia 22 tahun itu baru resmi mendapatkan kewarganegaraan Indonesia setelah mengambil sumpah pada Senin (11/3/2024). 

Pesepak bola kelahiran Rotterdam, Belanda itu berharap mendapatkan kesempatan bermain saat Indonesia menghadapi Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (21/3/2024) malam WIB. 

Baca Juga

"Ya, saya sangat menantikan hal itu. Saya sudah ada di pertandingan dengan Brunei. Saya sudah ada di bangku penonton, tapi saya berharap akan berada di lapangan kali ini," kata Nathan kepada awak media, Selasa (19/3/2024).

Ia juga menanggapi psy war yang dikatakan oleh pemain Vietnam mengenai situasi timnas Indonesia yang banyak diisi oleh pemain naturalisasi seperti dirinya. Menurutnya, skuad Garuda sebaiknya mengabaikan hal itu dan lebih fokus pada diri sendiri dan tim untuk memenangkan pertandingan nanti.

"Ya, saya pikir tim ini menjadi lebih kuat, jadi itu positif. Karena kami bermain untuk World Cup. Jadi kami fokus untuk itu," ujarnya. 

Nathan telah menjalani sesi latihan perdana bersama timnas Indonesia pada Senin (18/3/2024). Ia mengaku tidak kesulitan untuk berkomunikasi dengan tim karena mayoritas bisa berbahasa Inggris. Selain itu, Marc Klok juga banyak membantu untuk menterjemahkan.

"Untuk saya, itu adalah latihan pertama, Marc membantu kami dengan menerjemahkan bahasa. Banyak teman-teman yang berbicara bahasa Inggris juga, ada beberapa kata-kata, tapi ketika kamu bermain football kamu memahami satu sama lain. Kamu tidak perlu berbicara begitu banyak," kata dia.

Di sisi lain, ia juga mengaku akan mencoba belajar bahasa Indonesia. "Ya, tentu saja harus belajar. Itu penting. Karena juga untuk membuat tim jika kamu memahami satu sama lain dengan baik," ujarnya menambahkan. 

Sebelumnya, bek Do Duy Manh menjadi salah satu dari 33 pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) timnas Vietnam menjelang putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Indonesia pada 21 dan 26 Maret 2024. Ia merasa terhormat bisa dipanggil kembali ke timnas Vietnam.

"Saya sangat senang bisa masuk dalam daftar. Bergabung dengan tim selalu memberi saya kehormatan pribadi. Bukan hanya saya, tapi setiap pemain berbagi kegembiraan yang sama," kata Duy Manh dikutip dari Bao Tuyen Quang, Selasa (12/3/2024).

Duy Manh mengetahui dari media massa bahawa timnas Indonesia akan diisi oleh banyak pemain naturalisasi. Ia mengakui tim Merah Putih sebelumnya sudah sulit dikalahkan, ditambah sekarang dengan banyak kekuatan baru. Tapi ia pun mempertanyakan sebenarnya yang akan mereka lawan apakah timnas Indonesia atau timnas Belanda?

"Melalui informasi di media, saya mengetahui bahwa Indonesia telah melakukan naturalisasi hingga 11 pemain. Mereka saat ini memiliki banyak pemain yang bermain di luar negeri dengan keahlian yang baik," kata pemain berusia 27 tahun tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement