Rabu 20 Mar 2024 06:10 WIB

Direktur Fiorentina Joe Barone Meninggal Seusai Serangan Jantung

Joe Barone terkena serangan jantung akhir pekan lalu.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Joe Barone
Foto: Massimo Paolone/LaPresse via AP
Joe Barone

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Klub Serie A Fiorentina telah mengumumkan kematian tragis direktur umum Joe Barone pada usia 57 tahun, setelah menderita serangan jantung pada akhir pekan lalu.

Pertandingan La Viola melawan Atalanta BC pada Ahad (17/3/2024) ditunda setelah Barone jatuh sakit di hotel tim di depan para pemain dan kemudian dilarikan ke rumah sakit.

Baca Juga

Fiorentina mengonfirmasi bahwa ketua klub tersebut menderita serangan jantung dan berada dalam perawatan intensif di Rumah Sakit San Raffaele di Milan, di mana "teknik pendukung mekanis buatan" mendukung fungsi vitalnya.

Pada Selasa (19/3/2024) sore, Fiorentina mengeluarkan pernyataan baru yang mengumumkan bahwa Barone telah kehilangannya, satu hari sebelum ulang tahunnya yang ke-58.

"Dengan kesedihan yang mendalam dan kesedihan yang luar biasa Fiorentina mengonfirmasi kehilangan salah satu tokohnya, seseorang yang telah menandai  sejarah terkini klub dan yang tidak akan pernah terlupakan. Direktur Jenderal Giuseppe Barone meninggal hari ini di Rumah Sakit San Raffaele di Milan setelah tiba-tiba jatuh sakit pada hari Ahad," bunyi pernyataan Fiorentina yang dikutip dari Sportsmole.

Rocco Commisso dan keluarganya, Daniele Prade, Nicolas Burdisso, Alessandro Ferrari, Vincenzo Italiano, Cristiano Biraghi dan semua orang yang terkait dengan Fiorentina sangat terpukul atas kematian Barone. Ia disebut sebagai pria yang menunjukkan profesionalisme luar biasa dan memberikan hati dan jiwanya untuk klub.

“Dia adalah seorang teman berharga yang selalu tetap kuat di saat paling bahagia dan, di atas segalanya, saat-saat tersulit. Seluruh dunia Viola menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada istri Giuseppe, Camilla, anak-anaknya, dan seluruh keluarga Barone selama masa kesedihan yang luar biasa ini," kata pernyataan tersebut.

Kematian Barone terjadi hampir tepat enam tahun setelah mantan kapten Fiorentina Davide Astori meninggal pada usia 31 tahun.

Barone menjabat sebagai Chief Executive Officer Fiorentina sejak 2019, dan selama lima tahun menjabat, La Viola finis sebagai runner-up di bawah West Ham United di final Europa Conference League 2022-23.

Tim asuhan Italiano juga berada di semifinal Coppa Italia tahun ini - bersiap menghadapi Atalanta dalam dua leg bulan depan - dan akan berhadapan dua kali dengan Viktoria Plzen di perempat final Europa Conference League.

La Viola berada di urutan kedelapan di klasemen Serie A dan akan kembali beraksi melawan AC Milan pada 30 Maret setelah jeda internasional. 

 

Klasemen Serie A Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement