Rabu 20 Mar 2024 10:34 WIB

Dedi Mulyadi, Verrel Bramasta, Rieke Diah Pitaloka, Hingga Ahmad Syaiku Lolos ke Senayan

Dedi Mulyadi menjadi caleg yang meraih suara paling tinggi di dapil Jabar VII

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Arie Lukihardianti
Caleg PAN Verrel Bramasta menjanjikan akan menyerahkan gajinya di tahun pertama untuk masyarakat di dapil.
Foto: dok pan
Caleg PAN Verrel Bramasta menjanjikan akan menyerahkan gajinya di tahun pertama untuk masyarakat di dapil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengesahkan rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk pemilihan anggota DPR daerah pemilihan (Dapil) Jawa Barat (Jabar) VII dalam rapat pleno tingkat nasional, Selasa (19/3/2024). Hasilnya, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) meraih suara tertinggi di Dapil yang meliputi wilayah Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Bekasi, itu.

Partai yang dipimpin oleh calon presiden (Capres) Prabowo Subianto itu berhasil meraih suara di atas 700 ribu suara, tepatnya 790.738 suara. Setelahnya, Partai Golongan Karya (Golkar) meraih 449.435 suara. Sementara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meraih 441.897 suara.

Baca Juga

Di bawah itu, ada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang meraih 360.294 suara. Sementara itu, Partai Demokrat meraih 339.372 suara. Sedangkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meraih 230.565 suara, Partai Nasdem meraih 228.966 suara, dan PAN meraih 223.754 suara.

"Jawa Barat VII bisa kita sahkan? Bismillah sah," ujar Ketua KPU Hasyim Asy'ari sambil mengetuk palu saat rapat pleno rekapitulasi tingkat nasional, Selasa (19/3/2024) malam.

Diketahui, terdapat 10 kursi DPR yang diperebutkan di Dapil Jabar VI. Setelah dihitung menggunakan metode sainte lague, Partai Gerindra tiga kursi di dapil itu. Sementara Partai Golkar, PKS, PDIP, Partai Demokrat, PKB, Partai Nasdem, dan PAN, masing-masing mendapatkan satu kursi. Adapun nama-nama calon anggota legislatif (caleg) yang berhasil melaju ke Senayan adalah sebagai berikut:

• Dedi Mulyadi, Putih Sari, dan Obon Tabroni, dari Partai Gerindra.

• Puteri Komarudin dari Partai Golkar.

• Ahmad Syaikhu dari PKS.

• Rieke Diah Pitaloka dari PDIP.

• Cellica Nurrachadiana dari Partai Demokrat.

• Saan Mustopa dari Partai Nasdem. 

• Verrel Bramasta dari PAN. 

Dedi Mulyadi menjadi caleg yang meraih suara paling tinggi di dapil Jabar VII. Mantan bupati Purwakarta itu meraih 375.658 suara, atau hampir setengah raihan suara Partai Gerindra di dapil tersebut.

Satu kursi itu menjadi milik Verrell Bramasta, yang merupakan artis sinetron 'Puteri untuk Pangeran' yang sempat ramai pada 2020-2022. Verrell yang meraih 94.810 suara, menyisihkan rekan separtainya Daeng Muhammad, yang meraih 73.481 suara.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement