Rabu 20 Mar 2024 13:07 WIB

AP I Dapat Peringkat Kredit Tertinggi dari Pefindo

Peringkat kredit yang naik dari AA+ menjadi AAA adalah bukti komitmen AP I.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Gita Amanda
AP I dapat peringkat kredit tertinggi dari Pefindo, (ilustrasi)
Foto: ANTARA/HO-Angkasa Pura I
AP I dapat peringkat kredit tertinggi dari Pefindo, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) I memperoleh peringkat kredit AAA dengan outlook stabil untuk obligasi dan sukuk dari lembaga pemeringkat kredit nasional yakni PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Dengan kenaikan peringkat kredit menjadi AAA, AP I mendapatkan peringkat tertinggi yang diberikan oleh Pefindo. 

“Peringkat kredit yang naik dari AA+ menjadi AAA adalah bukti komitmen AP I dalam meningkatkan kinerja perusahaan, baik dari segi operasional maupun secara keuangan,” kata Direktur Utama AP I MMA Indah Preastuty dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (19/3/2024). 

Baca Juga

Dia menjelaskan, peningkatan tersebut menjadi pemicu agar kami berkembang lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa bandara. Peringkat kredit tersebut menunjukkan kemampuan kewajiban keuangan jangka panjang atas efek utang tersebut dibandingkan perusahaan lainnya adalah superior. 

Peringkat kredit yang diperoleh AP I berupa AAA Outlook Stabil tersebut untuk Obligasi I Seri C Tahun 2016 dan Obligasi Berkelanjutan I Tahap I Seri A, Seri B, Seri C, dan Seri D Tahun 2021 PT Angkasa Pura I senilai Rp 2,6 triliun untuk periode 13 Maret 2024-1 Maret 2025. Begitu pula peringkat kredit AAA untuk Sukuk Ijarah I Seri C Tahun 2016 dan Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Tahap I Seri A, Seri B, Seri C dan Seri D Tahun 2021 PT Angkasa Pura I senilai Rp 673 miliar serta Sukuk Wakalah Bi Al-Istitsmar Jangka Panjang Tahun 2023 PT Angkasa Pura I senilai Rp 1,46 triliun untuk periode 13 Maret 2024-1 Maret 2025. 

Indah menjelaskan kenaikan peringkat kredit dari Pefindo tersebut karena terdapat perbaikan profil risiko keuangan perusahaan seiring dengan tingkat pemulihan jumlah lalu lintas penumpang yang ditangani perusahaan. “AP I mencatat telah melayani 69,8 juta penumpang sepanjang 2023 atau memperoleh recovery rate 85,65 persen dari tingkat sebelum pandemi pada 2019,” ucap Indah. 

Pertumbuhan trafik penumpang perusahaan tersebut juga menciptakan landasan yang lebih kuat untuk pertumbuhan lalu lintas yang pesat dalam jangka pendek maupun menengah. Dengan itu, kata dia, prospek peringkat perusahaan pun dinyatakan stabil. 

“Kenaikan peringkat kredit perusahaan dapat meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan maupun publik kepada AP1. Untuk itu, kami akan terus berupaya untuk menjaga bahkan meningkatkan kinerja perusahaan agar lebih baik lagi,” ujar Indah. 

Pefindo juga menyampaikan peringkat perusahaan juga didorong oleh dukungan kuat dari induk usaha, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney. Selain itu, perekonomian wilayah layanan yang kuat serta rekam jejak yang solid dalam memperoleh pendapatan aeronautika maupun non-aeronautika juga menjadi faktor utama mengapa profil kredit perusahaan mendapatkan AAA atau peringkat tertinggi dari Pefindo tersebut. 

AP I mengoperasikan 16 bandara yang 15 diantaranya dikelola langsung, dan satu bandara yakni Bandara Hang Nadim Batam di bawah joint operation. AP I menjadi operator Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali yang merupakan bandara tersibuk kedua di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng dengan melayani sekitar 21,5 juta penumpang pada 2023. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement