Rabu 20 Mar 2024 17:19 WIB

Panji Gumilang Dihukum Satu Tahun Penjara Terbukti Bersalah Kasus Penodaan Agama

Hukuman itu lebih ringan dibandingkan tuntutan jaksa

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Pimpinan Ma’had Al-Zaytun Indramayu, Panji Gumilang
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Pimpinan Ma’had Al-Zaytun Indramayu, Panji Gumilang

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU---Pimpinan Ma’had Al-Zaytun Indramayu, Panji Gumilang, dinyatakan bersalah oleh majelis hakim dalam sidang putusan kasus penodaan agama, yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Indramayu, Rabu (20/3/2024).

Untuk itu, Panji pun dihukum penjara selama satu tahun. Hukuman itu lebih ringan dibandingkan tuntutan jaksa yang meminta agar Panji dihukum 1 tahun 6 bulan penjara. Ketua majelis hakim, Yogi Dulhadi mengatakan, terdakwa dengan sengaja di muka umum melakukan perbuatan yang pada pokoknya bersifat penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia. Hal itu sebagaimana dalam dakwaan alternatif kedua penuntut umum.

Baca Juga

‘’Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Panji Gumilang dengan pidana penjara selama satu tahun,’’ ujar Yogi.

Meski demikian, hakim juga menetapkan masa penahanan yang telah dijalani terdakwa selama ini dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan. Dengan demikian, Panji hanya perlu mendekam di penjara selama beberapa bulan lagi.

Dalam sidang tersebut, majelis hakim menyatakan putusan itu lebih ringan dari tuntutan jaksa dengan sejumlah pertimbangan. Di antaranya karena terdakwa sudah berusia lanjut dan terdakwa bersikap koperatif dalam persidangan.

Majelis hakim pun mempersilakan kepada kuasa hukum, terdakwa, maupun jaksa untuk menanggapi putusan tersebut. ‘’Terhadap putusan ini, boleh pikir-pikir, terima atau mengajukan upaya hukum,’’ kata Yogi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement