Rabu 20 Mar 2024 20:37 WIB

Ngabuburit di Masjid Sheikh Zayed Solo, Ada Bermacam Hiburan dan Menu Takjil

Masjid Raya Sheikh Zayed menyediakan takjil gratis untuk masyarakat.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Irfan Fitrat
Suasana ngabuburit di Masjid Raya Sheikh Zayed, Kota Solo, Rabu (20/3/2024).
Foto: Republika/Alfian Choir
Suasana ngabuburit di Masjid Raya Sheikh Zayed, Kota Solo, Rabu (20/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO — Masjid Raya Sheikh Zayed di Kota Solo, Jawa Tengah, menjadi salah satu tujuan masyarakat pada bulan Ramadhan ini untuk ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa. Ada bermacam hiburan yang ditampilkan, selain juga takjil gratis bagi masyarakat.

Salah seorang pengunjung asal Jayengan, Solo, Bella Samara, mengaku antusias ngabuburit di Masjid Raya Sheikh Zayed. Ia bisa melihat sejumlah atraksi sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Baca Juga

“Ini pengalaman pertama saya sih, pengin merasakan Ramadhan ramai-ramai di Masjid Zayed suasananya kayak bagaimana. Kan ada atraksinya juga. Ramai banget, tapi seru. Memang antusiasme masyarakatnya tinggi. Asyik, kita jadi ngerasain Ramadhan yang vibes-nya kayak Arab dan di masjid modern kayak begini,” ujar Bella, Rabu (20/3/2024).

Bella berharap suasana Ramadhan di Masjid Raya Sheikh Zayed ini bisa dipertahankan, sehingga juga bisa dinikmati warga dari luar daerah. “Harapannya semoga di Ramadhan tahun-tahun ke depan masih ada, tetap kayak begini, biar ya enggak cuma warga dari Solo, tapi dari luar Kota Solo bisa merasakan,” kata dia.

Direktur Operasional Masjid Raya Sheikh Zayed, Munajat, mengatakan, pada bulan Ramadhan 2024 ini pihaknya menampilkan bermacam hiburan bagi masyarakat yang ngabuburit .

“Mulai sore kita sudah buka, sembari menikmati hiburan-hiburan. Ada tari Saman, pencak silat, ada tari Aceh, tari Sufi rebana, dalang cilik, penampilan solo gitar, biola, lagu Islami, dan lainnya,” kata Munajat.

Di Masjid Raya Sheikh Zayed pun disediakan berbagai menu takjil. Menurut Munajat, ada sekitar 20 menu takjil yang disediakan. “Takjil ada 20 menu pembuka, ada dawet, es buah, ada berbagai jenang,” ujar dia.

Takjil itu disediakan gratis untuk masyarakat. Munajat sebelumnya mengatakan, pada bulan Ramadhan ini disediakan sekitar 7.000 hingga 10 ribu menu takjil setiap harinya. “Jadi, silakan datang ke sini, nanti berbuka di sini dan shalat Maghrib hingga Tarawih di sini,” ujar Munajat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement