Rabu 20 Mar 2024 21:44 WIB

Sepak Bola Jerman Kampanye Antirasisme Sebelum Jadi Tuan Rumah Euro 2024

DFB harus menghadapi pelecehan yang ditujukan secara online kepada tim Jerman.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Selebrasi pemain Timnas U17 Jerman saat penyerahan Thropy Piala Dunia U17 2023 di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (2/12/2023). Jerman berhasil memenangkan Piala Dunia U17 untuk pertama kalinya usai mengalahkan Perancis melalui adu pinalti 4-3 (2-2). Jerman pada babak kedua bermain dengan 10 pemain usai Osawe mendapat kartu merah pada menit ke 69.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Selebrasi pemain Timnas U17 Jerman saat penyerahan Thropy Piala Dunia U17 2023 di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (2/12/2023). Jerman berhasil memenangkan Piala Dunia U17 untuk pertama kalinya usai mengalahkan Perancis melalui adu pinalti 4-3 (2-2). Jerman pada babak kedua bermain dengan 10 pemain usai Osawe mendapat kartu merah pada menit ke 69.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) menargetkan gerakan melawan rasisme dan diskriminasi di kalangan penggemar dan pemain amatir dengan kampanye baru menjelang Piala Eropa pada musim panas ini.

Federasi tersebut mempresentasikan dua strateginya pada Senin dengan pesan video di bawah motto "Waktu sepak bola adalah waktu terbaik melawan rasisme." 

Baca Juga

Fans akan didorong untuk mengambil bagian di media sosial, dan proyek percontohan baru yang mengambil tindakan anti-rasis terhadap klub-klub amatir di Asosiasi Sepak Bola Jerman Timur Laut diluncurkan. Proyek percontohan ini akan berjalan hingga tahun 2025 sebelum diperluas ke wilayah lain.

“Setiap orang dapat melakukan sesuatu melawan rasisme, tidak hanya para pemain, tapi kami ingin menjangkau penonton, dan orang tua ketika berhubungan dengan tim muda, untuk meningkatkan kesadaran mengenai topik ini,” kata Presiden DFB Bernd Neuendorf saat mengunjungi anak-anak dari tim amatir  klub SFC Stern 1900 di Berlin. 

“Itulah mengapa sangat penting bagi kita untuk mengambil pandangan yang lebih luas dan tidak hanya memperhatikan apa yang terjadi di bidang profesional pada akhir pekan,” kata Neuendorf.  "Kita juga harus dengan jelas mengatasi fakta bahwa ini adalah masalah umum di masyarakat, dan juga di sepak bola. Itu termasuk sepak bola amatir."

DFB harus menghadapi pelecehan yang ditujukan secara online kepada tim Jerman yang memenangi Piala Dunia U-17 tahun lalu. Pada bulan Desember diumumkan bahwa mereka bekerja sama dengan kantor kejaksaan di Frankfurt untuk mengidentifikasi para pelaku.

Gerald Asamoah, yang mencatatkan 46 penampilan untuk Jerman, menjadi sasaran pelecehan rasis dari pendukung Hansa Rostock tak lama setelah dianggap sebagai pahlawan di Piala Dunia 2006.

“Sungguh mengecewakan dipinggirkan seperti itu beberapa bulan kemudian,” kata Asamoah, yang melihat Euro 2024 sebagai “peluang besar untuk menebus kesalahan. Ia yakin Jerman bisa melakukannya. 

Asamoah mengatakan dibutuhkan keberanian sipil bagi masyarakat untuk berbicara tentang rasisme. Ia mengaku sekarang lebih percaya diri dibandingkan pada tahun 2006 bahwa masyarakat memiliki keberanian untuk berbicara dan menghadapinya.

Ia juga mendapat dorongan dari tingkat tindakan politik melawan rasisme, dan fakta bahwa ini adalah isu penting bagi federasi.

"Jika saya membandingkannya dengan masa saya, ketika saya terpinggirkan di tim junior, hal itu tidak menarik minat siapa pun. Saya harus menghadapinya sendiri. Saat saya berusia 18 tahun, saya bermain di Cottbus dan saya dilempari pisang. Namun pertandingan itu sangat penting bagi kami, sehingga masalah saya tidak menarik perhatian siapa pun,” kata Asamoah.  

"Itulah sebabnya saya merasa luar biasa bahwa kami telah memulai, bahwa federasi mengambil tindakan sendiri. Ada begitu banyak (rasisme) yang terjadi di sepak bola amatir, juga di tingkat pemuda."

Reem Alabali-Radovan, yang merupakan komisaris federal Jerman untuk migrasi, pengungsi dan integrasi, menguraikan bagaimana klub sepak bola lokal sering kali menjadi titik kontak pertama bagi para migran yang baru tiba di Jerman. Dia mengatakan mereka sering menjadi sasaran pelecehan rasis yang tidak mendapatkan perhatian yang sama di tingkat nasional karena insiden tersebut bersifat lokal.

“Terlalu banyak orang yang terkena dampak rasisme setiap hari di Jerman,” kata Alabali-Radovan.  “Mereka mengalami rasisme dalam berbagai situasi, tidak hanya rasisme sehari-hari, tapi juga di pasar perumahan, ketika mencari pekerjaan, di sekolah, dan juga dalam olahraga.”

Asamoah, yang dengan ramah menandatangani tanda tangan dan berfoto bersama para pemain muda Stern meski cuaca dingin menggigit, mengakhiri peluncuran dengan berharap kampanye seperti itu tidak lagi diperlukan pada masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement