Rabu 20 Mar 2024 23:57 WIB

Kabupaten Paser akan Punya Fasilitas Kesehatan Baru 

Puskesmas di Paser merupakan kepedulian tim Kideco Jaya Agung kepada masyarakat.

Red: Erdy Nasrul
Pembangunan fasilitas puskesmas untuk warga Paser di Kalimantan Timur.
Foto: Kideco
Pembangunan fasilitas puskesmas untuk warga Paser di Kalimantan Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, PASER -- Warga di Desa Batu Kajang,Kecamatan Batu Sopang,Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, akan memiliki fasilitas kesehatan baru. Di desa yang berjarak sekitar seratus kilometer dari lokasi calon Ibu Kota Negara (IKN), akan dibangun Puskesmas baru. 

Bupati Paser, Fahmi Fadli, menyebutkan bahwa rencananya gedung Puskesmas akan dibangun setinggi dua lantai, di atas lahan milik Pemkab Paser seluas 703 meter persegi. Puskesmas akan dibangun oleh PT Kideco Jaya Agung, dan akan dioperasikan pihaknya. 

Baca Juga

"Tentunya dengan sudah tersedianya bangunan, kami akan menyediakan SDM baik para medis maupun tenaga kesehatan," ujar Fahmi Fadli. 

Rencananya, fasilitas tersebut akan dilengkapi di antaranya oleh klinik gigi, ruang linen, ruang rekam medis, ruang rapat dan fasilitas lainnya sesuai standarisasi gedung puskesmas.

Baginya, pembangunan fasilitas kesehatan ini merupakan kontribusi yang luar biasa oleh pihak swasta yang ada di Kabupaten Paser. Sehingga Pemkab Paser akan memanfaatkan bangunan yang ada untuk kesehatan masyarakat. 

Pembangunan fasilitas kesehatan tahap pertama itu ditandai dengan prosesi peletakan batu pertama oleh Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung, Muhammad Kurnia Ariawan, bersama Bupati Paser, Selasa 19 Maret 2024.

Muhammad Kurnia Ariawan menjelaskan, bahwa pembangunan puskesmas adalah bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat. Kurnia menargetkan pembangunan gedung dua lantai itu akan rampung pada Desember 2024 mendatang. 

"Proyek ini adalah bentuk kontribusi Kideco kepada Kabupaten Paser khususnya Kecamatan Batu Sopang dalam bidang kesehatan," sebut Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung, Muhammad Kurnia Ariawan. 

Selain di bidang kesehatan, kontribusi Kideco terhadap masyarakat juga diberikan kepada bidang lainnya, termasuk di bidang pendidikan dengan membangun 37 sekolah, serta bidang infrastruktur dengan memperbaiki 31 jembatan. Melalui tanggung jawab sosial perusahaan tersebut, pihaknya memperkirakan sudah mencakup 70 ribu jiwa penerima manfaat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement