Kamis 21 Mar 2024 03:55 WIB

6 Tanda Kiamat Sugra yang Sudah Terjadi

Tidak ada yang mengetahui kapan kiamat itu akan datang kecuali Allah SWT.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: Republika.co.id
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari kiamat merupakan waktu akhirnya kehidupan dunia. Namun, tak ada yang mengetahui kapan kiamat itu akan datang kecuali Allah SWT. Kendati demikian, manusia dapat melihat tanda-tanda kiamat.

Mahir Ahmad Ash-Shufiy dalam bukunya Tanda-Tanda Kiamat Tanda-Tanda Kecil Menengah menerangkan tanda-tanda kiamat sugra (kecil). Dan jika melihat tanda-tanda yang disebutkan sejatinya kiamat semakin dekat.

Baca Juga

Tanda-Tanda Kiamat Sugra (Kecil)

. Diutusnya Rasulullah SAW

Semua rasul diutus oleh Allah SWT untuk kaumnya. Mereka diutus agar beriman kepada Allah SWT. Dan ketika kiamat sudah dekat, Allah SWT mengutus nabi terakhir yakni Nabi Muhammad SAW.

Tak ada risalah lain yang diturunkan Allah SWT selain kepada Nabi Muhammad. Sebab Allah telah meridhoi Islam untuk semua hamba-Nya di bumi. Menurut Mahir Ahmad, kiamat tak akan terjadi kecuali agama Islam telah tersebar.

2. Terbelahnya Bulan

Peristiwa terbelahnya bulan telah terjadi pada masa Rasulullah SAW. Beberapa hadis telah menyebutkan tentang hal tersebut. Dari Anas r.a. bahwa penduduk Makkah meminta Rasulullah SAW untuk memperlihatkan salah satu ayat Tuhan maka Rasulullah memperlihatkan kepada mereka terbelahnya bulan dua kali (HR Muslim).

Terbelahnya bulan terjadi pada...

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ شَرَعَ لَكُمْ مِّنَ الدِّيْنِ مَا وَصّٰى بِهٖ نُوْحًا وَّالَّذِيْٓ اَوْحَيْنَآ اِلَيْكَ وَمَا وَصَّيْنَا بِهٖٓ اِبْرٰهِيْمَ وَمُوْسٰى وَعِيْسٰٓى اَنْ اَقِيْمُوا الدِّيْنَ وَلَا تَتَفَرَّقُوْا فِيْهِۗ كَبُرَ عَلَى الْمُشْرِكِيْنَ مَا تَدْعُوْهُمْ اِلَيْهِۗ اَللّٰهُ يَجْتَبِيْٓ اِلَيْهِ مَنْ يَّشَاۤءُ وَيَهْدِيْٓ اِلَيْهِ مَنْ يُّنِيْبُۗ
diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu tegakkanlah agama (keimanan dan ketakwaan) dan janganlah kamu berpecah belah di dalamnya. Sangat berat bagi orang-orang musyrik (untuk mengikuti) agama yang kamu serukan kepada mereka. Allah memilih orang yang Dia kehendaki kepada agama tauhid dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya bagi orang yang kembali (kepada-Nya).

(QS. Asy-Syura ayat 13)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement