Jumat 22 Mar 2024 13:31 WIB

Tony Kushner Dukung Pidato Oscar Jonathan Glazer yang Dikecam Pekerja Kreatif Yahudi

Kushner bilang menjadi Yahudi tidaklah berarti harus membela segala tindakan Israel.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Sutradara film The Zone of Interest, Jonathan Glazer, saat menghadiri Academy Awards 2024. Dalam pidato kemenangannya, dia menyuarakan soal konflik Israel-Palestina.
Foto: DOK. EPA-EFE/ALLISON DINNER
Sutradara film The Zone of Interest, Jonathan Glazer, saat menghadiri Academy Awards 2024. Dalam pidato kemenangannya, dia menyuarakan soal konflik Israel-Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penulis skenario asal Amerika Serikat, Tony Kushner, memberikan dukungannya terhadap pidato kemenangan sutradara Jonathan Glazer di Piala Oscar. Kushner menggambarkannya sebagai "pernyataan yang tidak dapat disangkal dan tak terbantahkan".

Ini merupakan tanggapan dari Kushner terhadap serangan yang dialami Glazer dari sejumlah pekerja kreatif Yahudi, yang belum lama ini menandatangani surat terbuka mengkritik pidato sutradara The Zone of Interest itu. Kushner, yang dikenal sebagai penulis skenario empat kali nominasi Academy Award, menyampaikan pandangannya dalam sebuah siniar yang dirilis oleh Haaretz.

Baca Juga

Kushner, yang sedang mempromosikan produksi drama pemenang penghargaan Tony, "Angels in America" di Tel Aviv itu, memberikan komentar terkait pidato Glazer yang telah menuai kontroversi. Menurutnya, pidato Glazer sangatlah sederhana tetapi kuat dalam pesannya.

Glazer menegaskan bahwa identitas Yahudi, sejarah Yahudi, termasuk sejarah Holocaust, tidak boleh digunakan sebagai alasan untuk melakukan tindakan tidak manusiawi atau kekerasan terhadap orang lain.

"Apa yang dikatakan (Glazer) sangatlah sederhana. Beliau mengatakan bahwa identitas Yahudi dan sejarahnya tidak boleh digunakan sebagai alasan untuk melakukan tindakan yang tidak manusiawi atau membantai orang lain. Siapa yang tidak setuju dengan hal itu," kata Kushner, dilansir Hollywood Reporter, Jumat (22/3/3034).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement