Jumat 22 Mar 2024 19:48 WIB

Charles Leclerc Ferrari Jadi yang Tercepat pada Latihan Bebas Pertama GP Australia

Balapan utama sendiri bakal bergulir di hari Ahad (24/3/2024).

Red: Gilang Akbar Prambadi
Monegasque Formula One Charles Leclerc.
Foto: EPA-EFE/Jose Mendez
Monegasque Formula One Charles Leclerc.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lando Norris (McLaren) dan Charles Leclerc (Ferrari) masing-masing menjadi pembalap tercepat pada sesi latihan bebas pertama dan kedua Grand Prix Australia, yang bergulir di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Jumat (22/3/2024). 

Pada sesi latihan bebas pertama, Norris mencatatkan waktu lap terbaik 1 menit 18,564 detik, tepat di depan juara bertahan Max Verstappen (Red Bull) yang hanya terpaut 0,018 detik saja darinya.

Baca Juga

Berada di belakangnya adalah George Russell (Mercedes) yang mencatatkan margin 0,033 detik dari Norris. Sementara Leclerc, hanya terlampau 0,002 detik saja dari sang pembalap Mercedes, di depan pembalap RB Yuki Tsunoda yang melengkapi daftar lima besar dengan margin hampir 1 detik dari Norris.

Pada sesi pertama ini, sejumlah pembalap top seperti Sergio Perez (Red Bull), Fernando Alonso (Aston Martin), hingga Lewis Hamilton (Mercedes) mengalami sejumlah masalah yang menyebabkan mobil keluar jalur. Namun, semua pembalap dinyatakan tidak mengalami cedera akibat insiden tersebut.

Lebih lanjut pada latihan bebas kedua, Leclerc memuncaki sesi tersebut dengan catatan waktu lap terbaik 1 menit 17,277 detik, sementara Verstappen tetap harus puas berada di posisi kedua dengan selisih 0,381 detik dari sang pembalap Monaco.

Setelah dinyatakan laik untuk balapan pascaoperasi usus buntu, Carlos Sainz (Ferrari) melesat dengan finis di posisi ketiga dan terpaut 0,43 detik saja dari rekan satu timnya.

Melengkapi daftar lima besar adalah duo Aston Martin, Lance Stroll dan Alonso yang memperbaiki performa mereka pada sesi sebelumnya, dengan margin masing-masing 0,545 detik dan 0,635 detik.

Dengan dua sesi latihan bebas yang telah bergulir hari ini, rangkaian Grand Prix Australia di Melbourne akan berlanjut pada Sabtu (23/3/2024) untuk sesi latihan bebas ketiga pada pukul 08.30 WIB, diikuti dengan sesi kualifikasi pukul 12.00 WIB.

Lebih lanjut, balapan utama sendiri bakal bergulir di hari Ahad (24/3/2024) mulai pukul 11.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement