Sabtu 23 Mar 2024 13:46 WIB

BBMKG: Waspadai Potensi Bencana Hidrometeorologis Dampak Hujan Lebat M

Cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari rata-rata berawan.

Red: Friska Yolandha
Pengendara sepeda motor melintasi jalan yang terendam banjir di Medan, Sumatera Utara, Senin (25/9/2023) malam.
Foto: ANTARA FOTO/Fransisco Carolio
Pengendara sepeda motor melintasi jalan yang terendam banjir di Medan, Sumatera Utara, Senin (25/9/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) wilayah I Medan mengingatkan agar masyarakat mewaspadai bencana hidrometeorologis seperti banjir dan longsor dampak hujan lebat yang terjadi di sebagian wilayah Sumatera Utara dalam beberapa hari ke depan. Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Budi Prasetyo mengatakan, beberapa hari ke depan diprakirakan sebagian wilayah Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

"Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah lereng barat Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya," katanya, Sabtu (23/3/2024).

Baca Juga

Cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari rata-rata berawan. Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di sejumlah wilayah Sumatera Utara seperti di Kabupaten Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, Simalungun dan sekitarnya.

Malam hari juga berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Medan, Batubara, Asahan, Serdang Bedagai, Deli Serdang, Mandailing Natal dan sekitarnya dan dini hari rata-rata berawan.

Sementara suhu udara rata-rata 17–33,0 derajat Celcius, kelembapan udara 60–95 persen dan angin berhembus dari timur laut-timur dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

"Sementara pada pantauan per 22 Maret 2024 terdeteksi dua titik panas masing-masing di Padang Lawas dan di Tapanuli Selatan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement