Sabtu 23 Mar 2024 13:54 WIB

Kate Middleton Kanker, Psikiater Anjurkan Komunikasi Jujur ke Anak-anaknya

Kate dan William harus transparan tentang penyakit ini pada anak-anak mereka.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Princess of Wales, Kate Middleton
Foto: AP
Princess of Wales, Kate Middleton

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Princess of Wales, Kate Middleton mengumumkan dirinya mengidap kanker pada Jumat (22/3/2024). Menurut psikiater anak dan keluarga, Dr Charles Sophy untuk langkah ke depannya, sebaiknya Kate tetap berkomunikasi secara jujur terhadap anak-anaknya. Kate dan suaminya Pangeran William memiliki tiga anak, Pangeran George (10 tahun), Charlotte (8) dan Louis (5).

"Lebih banyak berkomunikasi dengan anak-anak, bahkan tentang masalah orang dewasa, adalah cara terbaik untuk membantu mereka memahami apa yang sedang terjadi, dan begitu juga dengan mendengarkan, karena anak-anak akan menanyakan pertanyaan-pertanyaan, mereka ingin dan membutuhkan jawaban," kata Dr Sophy, di "TMZ Live", dilansir dari Tmz, Sabtu (23/3/2024).

Baca Juga

Dr Sophy mengatakan Kate dan William harus transparan terhadap anak-anak mereka. Selain itu, penting untuk mengatasi perubahan fisik yang mungkin dialami Kate sejak dini agar si kecil tidak terkejut dengan hal-hal yang potensial terjadi.

Dr Sophy menyebut orang tua bisa memberitahu anak terkait sifat serius dari penyakit ini dan bagaimana perasaan Kate selama ini. Dr Sophy menyarankan William dan Kate untuk memberikan jawaban terbuka, tidak menjanjikan kesembuhan yang ajaib, seraya berusaha untuk tidak membuat khawatir anak-anak di saat yang sama. 

"Will dan Kate harus bekerja sama (untuk komunikasi)," ungkap dia.

Anak-anak mereka yang merupakan bangsawan muda itu memiliki usia yang berbeda-beda. Namun sebenarnya tidak perlu terlalu membedakan cara berkomunikasi terhadap mereka. William dan Kate bisa memberi semua informasi umum yang sama dan membiarkan anak mereka memprosesnya sesuai kebutuhan.

Tentu saja, Pangeran William juga akan menghadapi emosinya sendiri setelah diagnosis istrinya. Hal itu bahkan mungkin memunculkan emosi dan trauma lama terkait kematian anggota Kerajaan terkenal lainnya, seperti ibu William, Putri Diana. Dr Sophy mengatakan William harus menemukan keseimbangan agar keluarganya bisa melewati badai ini.

Kate mengatakan dia dan sang suami telah memberi tahu anak-anak mereka tentang apa yang terjadi. Kate juga membutuhkan waktu untuk tidak terlaly menjadi sorotan media agar dapat melakukannya dengan benar dan hati-hati. Belum pasti bagaimana kelanjutan percakapan tersebut, namun yang jelas, pakar menganjurkan agar Kate dan William berkomunikasi dengan jujur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement