Sabtu 23 Mar 2024 22:30 WIB

Tanpa Harry Kane, Saka, dan Henderson, Inggris Tetap Favorit Kalahkan Brasil

Kobbie Mainoo berpeluang debut karena banyaknya pemain Inggris yang cedera.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Para pemain timnas Brasil berlatih jelang menghadapi Inggris.
Foto: Jordan Pettitt/PA via AP
Para pemain timnas Brasil berlatih jelang menghadapi Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tim nasional Inggris tanpa amunisi terbaik jelang laga di depan mata. The Three Lions akan menjamu Brasil di Stadion Wembley, London, Ahad (24/3/2024) pukul 02.00 WIB.

Sebuah bigmatch yang memanjakan mata penggemar. Sayangnya, pendukung tuan rumah tak bisa menyaksikan sejumlah idola mereka bertarung di lapangan. Salah satunya Harry Kane.

Baca Juga

Dikutip dari Sky News, kapten timnas Inggris itu dipastikan absen pada pertandingan kontra Selecao tersebut. Belum berhenti sampai di situ. Bukayo Saka juga mendekam di ruang perawatan. Saka sudah keluar dari skuad Inggris dan kembali ke klubnya, Arsenal. 

Wakil kapten Jordan Henderson dan Cole Palmer juga bernasib serupa. Namun, baik Henderson maupun Palmer masih bersama penggawa the Theree Lions lainnya di kamp pelatihan.

Keadaan ini membuka peluang bagi Kobbie Mainoo untuk debut. Gelandang Manchester United itu bisa mengisi pos yang ditinggalkan Henderson. Ada banyak pemain tengah berkualitas dan lebih berpengalaman dari Mainoo.

Dua di antaranya, Declan Rice serta Jude Bellingham. Sehingga Mainoo berpotesi turun dari bangku cadangan. Tetap saja, ini menjadi kesempatan berharga bagi anak muda berusia 18 tahun itu.

Setelah tampil gemilang di United, cerita positif di awal karier profesionalnya, terus berlanjut. Secara keseluruhan, Inggris belum bisa memainkan komposisi terbaik. Meski banyak yang absen, the Three Lions tetap difavoritkan untuk menang.

Southgate percaya pada kemampuan anak asuhnya. Ia menilai timnas Inggris era terkini bisa memecahkan berbagai persoalan yang dulunya agak sulit teratasi. Salah satunya tentang head to head melawan tim besar.

Inggris berhasil mengalahkan Italia dua kali, juga Spanyol. Sebelumnya, pasukan Tiga Singa keteteran menghadapi Gli Azzurri dan La Roja. Kini, Brasil jadi sasaran tembak Marcus Rashford dkk.

"Jadi, ini kesempatan lain bagi kami untuk memberi tanda, menciptakan lebih banyak sejarah bagi anak-anak ini. Namun kami juga akan diuji, dalam setiap aspek permainan kami, dan ini akan menjadi tantangan besar bagi kami," ujar Southgate.

Stadion Wembley memanas. Tiga hari berselang, Inggris akan meladeni ketangguhan Belgia di arena yang sama.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement