Ahad 24 Mar 2024 15:56 WIB

Inggris untuk Pertama Kalinya Kalah Sejak 2022, Southgate Santai

Ini kekalahan pertama Inggris sejak disingkirkan Prancis pada Piala Dunia 2022 lalu.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain remaja Brasil Endrick merayakan golnya ke gawang timnas Inggris dalam laga persahabatan.
Foto: AP Photo/Alastair Grant
Pemain remaja Brasil Endrick merayakan golnya ke gawang timnas Inggris dalam laga persahabatan.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih tim nasional Inggris, Gareth Southgate santai menanggapi hasil terbaru pasukannya. The Three Lions takluk 0-1 dari Brasil di Stadion Wembley, London, Ahad (24/3/2024) dini hari WIB.

Ini kekalahan pertama Inggris sejak disingkirkan Prancis pada Piala Dunia 2022 lalu. Tampil di markas sendiri, belum bisa membuat Declan Rice dan rekan-rekan berjaya. Jala Jordan Pickford kebobolan di menit ke-80.

Baca Juga

Adalah Endrick yang mencatatkan namanya di papan skor. Malam bersejarah bagi striker 17 tahun itu. Ia membuat Selecao berjaya di kandang salah satu raksasa Eropa yang sedang dalam tren positif.

Southgate menolak mengkritik timnya. Menurutnya, di beberapa momen, para penggawa Inggris menampilkan performa bagus. Ia mengklaim the Theree Lions mendominasi bigmatch tersebut.

"Ini pertandingan level atas,  dan kami mengendalikan sebagian pertandingan," kata juru taktik kelahiran Watford ini, dikutip dari dailymail.co.uk.

Ia menegaskan, target pribadinya tidak berubah. Ia tidak suka mengalami kekalahan melawan tim mana pun. Namun Southgate mengakui, kubu tamu efektif memanfaatkan peluang.

Berawal dari sebuah serangan balik, Brasil akhirnya memimpin. Sang arsitek menilai pasukannya seharusnya bisa bertahan dengan baik,  menetralisir ancaman seperti itu. Namun semua telah terjadi.

"Kami melakukan percobaan ke gawang sebanyak mereka, tapi pada akhirnya momen kejam itulah yang menentukan pertandingan.

"Masih sekitar 15 menit lagi. Ada banyak perubahan, dan saya pikir, saat itu penonton senang dengan penampilan kami," ujar Southgate.

Inggris tidak turun dengan kekuatan maksimal. Beberapa jugador utama mengalami cedera. Dua di antaranya, Harry Kane dan Bukayo Saka. 

Namun Southgate tak mau menjadikan hal itu sebagai alasan. Ia memainkan beberapa debutan. Ada Anthony Gordon, Ezri Konsa, serta Kobbie Mainoo.

"Malam ini, hari terbaik dalam hidupku.  Saya pikir kami tim yang lebih baik, namun pada akhirnya, kami tidak memiliki keunggulan seperti mereka," ujar Gordon.

Selanjutnya, Inggris akan berhadapan dengan Belgia. Partai tersebut juga berlangsung di Stadion Wembley, tepatnya pada Rabu (27/3/2024) pukul 02.45 WIB.

 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَاتْلُ عَلَيْهِمْ نَبَاَ نُوْحٍۘ اِذْ قَالَ لِقَوْمِهٖ يٰقَوْمِ اِنْ كَانَ كَبُرَ عَلَيْكُمْ مَّقَامِيْ وَتَذْكِيْرِيْ بِاٰيٰتِ اللّٰهِ فَعَلَى اللّٰهِ تَوَكَّلْتُ فَاَجْمِعُوْٓا اَمْرَكُمْ وَشُرَكَاۤءَكُمْ ثُمَّ لَا يَكُنْ اَمْرُكُمْ عَلَيْكُمْ غُمَّةً ثُمَّ اقْضُوْٓا اِلَيَّ وَلَا تُنْظِرُوْنِ
Dan bacakanlah kepada mereka berita penting (tentang) Nuh ketika (dia) berkata kepada kaumnya, “Wahai kaumku! Jika terasa berat bagimu aku tinggal (bersamamu) dan peringatanku dengan ayat-ayat Allah, maka kepada Allah aku bertawakal. Karena itu bulatkanlah keputusanmu dan kumpulkanlah sekutu-sekutumu (untuk membinasakanku), dan janganlah keputusanmu itu dirahasiakan. Kemudian bertindaklah terhadap diriku, dan janganlah kamu tunda lagi.

(QS. Yunus ayat 71)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement