Ahad 24 Mar 2024 18:00 WIB

Di Sidang IMO, Delegasi Indonesia Ikut Kecam Serangan Houthi di Laut Merah

RI ikut berduka atas enam WNI meninggal di KM Keoyoung Sun yang tenggelam di Jepang.

Red: Erik Purnama Putra
Direktur Perkapalan dan Kepelautan Kemenhub, Hartanto saat menyampaikan intervensi pada Sidang MEPC 81 di London, Inggris.
Foto: Republika.co.id
Direktur Perkapalan dan Kepelautan Kemenhub, Hartanto saat menyampaikan intervensi pada Sidang MEPC 81 di London, Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Delegasi Republik Indonesia (RI) hadir di Sidang Komite Perlindungan Lingkungan Maritim ke-81 di Markas Besar IMO, London, Inggris pada 18-22 Maret 2024. Sekjen International Maritime Organization (IMO) Arsenio Dominguez menyoroti serangan militan Houthi kepada kapal yang melintasi di Laut Merah.

Sebagian besar delegasi yang hadir pada MEPC 81, termasuk Indonesia mendukung seruan Sekjen IMO untuk penghentian serangan di Laut Merah. Hal itu lantaran serangan Houthi menimbulkan korban jiwa dan mengganggu aktivitas pelayaran internasional.

Baca: Irjen TNI Letjen Mar Suhartono Digantikan Laksdya Dadi Hartanto

"Kami mengecam tindakan yang telah menyebabkan korban jiwa dari kalangan kru kapal dan berharap seluruh negara dapat menghormati keselamatan navigasi, keamanan dan keselamatan pelaut serta pelindungan terhadap lingkungan laut," ujar Direktur Perkapalan dan Kepelautan Kemenhub, Hartanto saat menyampaikan intervensi pada Sidang MEPC 81.