Ahad 24 Mar 2024 22:00 WIB

Ada Mal Terbesar se-Asean di Bekasi, Bisnis Ritel di Indonesia Masih Menjanjikan?

Seiring pertumbuhan kelas menengah, bisnis ritel di Indonesia masih baik.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Fuji Pratiwi
AEON Mall Deltamas mengusung konsep berkelanjutan yang ramah lingkungan akan resmi dibuka pada 22 Maret 2024
Foto: Republika/Fergi Nadira
AEON Mall Deltamas mengusung konsep berkelanjutan yang ramah lingkungan akan resmi dibuka pada 22 Maret 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Prospek bisnis ritel termasuk pusat perbelanjaan dinilai masih memiliki potensi menjanjikan di Indonesia.

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Mohammad Faisal menyebut, keberlangsungan bisnis ritel ini dipengaruhi adanya pertumbuhan kelas menengah. "Bisnis ritel sepanjang kita memang punya kelas menengah ya yang tumbuh, ya bisnis ritel masih akan tetap prospektif," ujar Faisal dalam keterangannya, Ahad (24/3/2024).

Baca Juga

Karena itu, saat ini mulai muncul mal-mal baru yang menandakan geliat pertumbuhan kelas menengah atas. Namun demikian, hal ini tidak terjadi di kalangan menengah ke bawah.

"Yang harus dilihat kalau mal-mal yang baru seperti AEON dan lain lain itu karena mengandalkan pada kalangan menengah ke atas. Segmen pasar di sana masih relatif kuat, tetapi kalau ritel yang menengah ke bawah sekarang saya lihat dari sisi daya beli kan melemah ya, jadi ritel-ritel yang menyasar pada kelompok itu sekarang justru kurang bagus pertumbuhannya," ujarnya.