Senin 25 Mar 2024 10:44 WIB

Longsor di Bogor, Sejumlah Warga Alami Luka dan Satu Orang Hilang

Hujan deras mengakibatkan tebing longsor setinggi 25 meter

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
[Ilustrasi] Longsor
Foto: Antara/Adeng Bustomi
[Ilustrasi] Longsor

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan longsor di Kampung Babakan Rawa, Desa Sentul dan Kampung Jambu Lebak, Desa Pasirjambu, Kabupaten Bogor, Ahad (24/3/2024). Sejumlah warga dilaporkan mengalami luka dan satu orang perempuan dinyatakan hilang.

Pranata Humas Ahli Muda Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, Hadi Rahmat, mengatakan peristiwa longsor terjadi di dua kampung di dua desa. Akibatnya, longsor terjadi dan menimbun satu rumah warga.

Baca Juga

"Hujan deras mengakibatkan tebing longsor setinggi 25 meter, lebar 15 meter dampak 1 unit rumah tertimbun dan terbawa longsor," ujar Hadi, Senin (25/3/2024).

Ia mengatakan dua orang mengalami luka berat, tiga orang luka ringan dan satu perempuan dewasa hilang. Sebanyak 12 orang jiwa mengungsi dan enam jiwa terdampak. "Korban tertimbun dalam pencarian. Korban luka dirawat di bidan sedangkan rumah tidak dapat dihuni," katanya.

Sementara itu banjir terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Bogor. Seperti di Kecamatan Gunung Putri, Sukaraja, Cibinong. Kecamatan Bojong Gede dan Kecamatan Kemang. "Aliran sungai meluap akibat hujan deras dengan intensitas tinggi yang terjadi di aliran wilayah sungai Cileungsi," kata dia.

Ketinggian banjir mulai dari 15 sentimeter hingga 50 sentimeter. Banjir berangsur surut dan masyarakat melakukan pembersihan material.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement