Senin 25 Mar 2024 14:19 WIB

Stasiun Kereta Api London Tampilkan Hadits Selama Ramadhan, Tuai Pro Kontra

Pada hari kesembilan Ramadhan, terjadi reaksi balik terhadap salah satu hadits.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
 Penumpang di Stasiun Kings Cross di London, Inggris.
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Penumpang di Stasiun Kings Cross di London, Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebuah stasiun kereta api di Inggris menghapus sebuah hadits atau sabda Nabi Muhammad SAW yang ditampilkan di salah satu papan keberangkatannya awal pekan ini. Hadits tersebut ditampilkan untuk menandakan bahwa sedang berlangsung bulan puasa Ramadhan.

Hadits-hadits tersebut, yang ditampilkan di stasiun Kings Cross London setiap hari, mendapat beragam pujian dan kritik di media sosial. Pada hari kesembilan di bulan puasa Ramadhan, terjadi reaksi balik terhadap salah satu hadits yang ditampilkan di papan pengumuman pada Selasa lalu.

Baca Juga

“Nabi Muhammad (SAW) bersabda: Semua anak Adam adalah pendosa, namun sebaik-baik pendosa adalah mereka yang sering bertaubat,” demikian satu dari sekian banyak hadits yang ditampilkan di stasiun Kings Cross London setiap hari, dilansir dari laman New Arab, Senin (25/3/2024)

Network Rail, yang memiliki dan mengoperasikan stasiun tersebut, mengatakan kepada BBC pada Kamis bahwa pesan tersebut seharusnya tidak pernah ditampilkan. Dikatakan bahwa pihaknya sedang menyelidiki mengapa pesan terkait Ramadhan tidak digunakan sebagai gantinya.

“Kami merayakan semua festival keagamaan besar mulai dari Natal hingga Ramadhan di King’s Cross untuk mencerminkan basis penumpang dan karyawan kami yang beragam,” kata Network Rail.

“Papan keberangkatan utama kami seharusnya disediakan untuk informasi kereta api dan pesan umum perayaan Ramadhan kami tidak digunakan karena alasan tertentu, yang sedang kami selidiki. Semua sekarang telah diperbaiki,” kata Network Rail.

Ditampilkannya hadits tersebut memicu reaksi balik dari para komentator dan pengguna media sosial, yang menyebut tindakan tersebut keterlaluan. Islam Channel yang berbasis di Inggris memuji hadirnya hadits tersebu, dengan mengatakan hal itu menampilkan keindahan Ramadhan di tempat yang tidak terduga.

Papan tersebut juga menampilkan waktu sholat Subuh dan Maghrib periode di mana umat Islam berpuasa sepanjang bulan suci Ramadhan, dari matahari terbit hingga terbenam. Sebuah hadits biasanya menunjukkan perkataan, perkataan atau tindakan yang diucapkan atau disetujui oleh Nabi Muhammad SAW dan ditransmisikan melalui perawi lain.

Umat ​​Muslim berpantang makanan, minum air, dan kebutuhan manusia lainnya selama bulan Ramadhan. Umat Islam diperintahkan memperbanyak doa, ibadah, dan bersedekah kepada mereka yang membutuhkan. Ramadhan tahun ini sangat menantang bagi komunitas Muslim di seluruh dunia, karena Israel terus melancarkan serangan militernya di Jalur Gaza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement