Senin 25 Mar 2024 19:40 WIB

Film Romantis yang Justru Berakhir Tragis, Karakternya Dipisahkan Kematian

Sebagian film cinta justru berujung tragis dan menguras air mata.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Titanic. Titanic merupakan salah satu film romantis dengan akhir kisah yang tragis.
Foto: Dok. 20th Century Fox
Salah satu adegan di film Titanic. Titanic merupakan salah satu film romantis dengan akhir kisah yang tragis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak semua kisah cinta dalam film memiliki akhir yang bahagia. Ada juga yang berujung tragis dan menguras air mata. Namun, para penggemar tetap menyukainya, sebab akhir tragis yang emosional itu juga mengingatkan penonton akan kekuatan cinta yang abadi.

Kisah cinta dengan ending menyedihkan itu menunjukkan besarnya pengorbanan atau kenyataan pahit dalam hidup. Berikut sejumlah film romantis dengan akhir pilu, namun mampu menyentuh emosi penonton, dikutip dari laman ScreenRant, Senin (25/3/2024):

Baca Juga

1. Love Story (1970)

Oliver (Ryan O'Neal) dan Jenny (Ally McGraw) saling jatuh cinta meski berasal dari latar belakang sosial yang sangat berbeda. Setelah berhasil mengatasi perbedaan itu, ternyata Jenny didiagnosis mengidap kanker, sehingga percintaan mereka berujung tragedi.

Film ini diadaptasi dari novel laris berjudul sama karya Erich Segal yang tak lekang oleh masa. Tayangan klasik ini menyentuh banyak orang, mendapat tujuh nominasi di Academy Awards 1971 dan memenangkan kategori "best original score".

2. Atonement (2007)

Cinta yang tak terpenuhi di film drama periode romantis ini berlangsung antara Robbie (James McAvoy) dan Cecelia (Keira Knightley). Mereka gagal bersatu karena kebohongan yang diceritakan oleh adik perempuan Cecelia, Briony (Saoirse Ronan). 

Robbie diceritakan pergi berperang dan meninggal dunia karena sakit, sedangkan Cecelia terbunuh dalam insiden pengeboman. Penonton mungkin mengharapkan salah satu dari pasangan potensial ini bertahan hidup, tetapi ternyata kisah mereka sangat tragis.

3. The Fault In Our Stars (2014)

The Fault In Our Stars mengisahkan Hazel (Shailene Woodly), gadis remaja yang mengidap kanker tiroid stadium akhir. Hidupnya yang melankolis berubah setelah bertemu Augustus (Ansel Elgort) yang ceria, penyintas kanker tulang yang kehilangan kakinya. 

Berkat Augustus, Hazel merasakan cinta dan keterikatan. Namun, kebahagiaan dan kebersamaan itu tidak berlangsung lama karena Augustus meninggal setelah kankernya kambuh. Meski mereka berdua merasakan indahnya cinta pertama, kisah ini tetap terasa pilu dan pahit.

4. Titanic (1997)

Film yang melambungkan aktor Leonardo Di Caprio dan aktris Kate Winslet menjadi superstar ini adalah salah satu blockbuster terbesar dalam sejarah film. Di Caprio dan Winslet berperan sebagai Jack dan Rose yang kisah cintanya sangat romantis.

Sayangnya, film Titanic berakhir dengan tragedi yang memilukan. Kapal besar itu tenggelam dan tokoh Jack tewas akibat dinginnya perairan Atlantik Utara. Namun, penonton tetap menganggap kisah cinta antara keduanya sangat luar biasa.

5. The Notebook (2004)

Novel-novel Nicholas Sparks dikenal sangat menguras air mata, tidak terkecuali The Notebook. Karya itu diadaptasi menjadi film berjudul sama, diperankan aktor Ryan Gosling dan aktris Rachel McAdams sebagai Noah dan Allison, yang jatuh cinta pada 1940-an.

Berusaha mengatasi perbedaan status sosial mereka, Noah dan Allison akhirnya bisa bersatu setelah beberapa tahun. Namun, di kemudian hari Allison mengidap Alzheimer hingga tidak dapat mengenali Noah. Adegan akhir film ini sangat menguras emosi penonton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement