Senin 25 Mar 2024 20:35 WIB

Selalu Jadi Andalan Indonesia di Lini Depan, Mengapa Struick Belum Juga Mencetak Gol?

Lini serang Timnas Indonesia memang masih menjadi sorotan.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Rafael Struick saat berlatih di gym.
Foto: Dok PSSI
Rafael Struick saat berlatih di gym.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kualitas tim nasional Indonesia terus mengalami peningkatan. Banyak fakta mendukung hal itu.

Peringkat FIFA Indonesia membaik dari hari ke hari. Di era Simon McMenemy, pasukan Garuda sempat berada di posisi ke-173. Lalu sejak Shin Tae-yong datang pada Desember 2019, lalu, perlahan tapi pasti, ada perubahan positif.

Baca Juga

Kini, awak merah putih tertahan di tangga ke-142. Tentu, situasi demikian, bukan hanya karena usaha STY seorang. Kerja keras pemain juga membantu Indonesia berkembang.

PSSI memadukan sejumlah produk lokal dan pemain keturunan. Hasilnya, skuat Garuda mulai disegani. Mimimal di level teratas Asia Tenggara.

STY mempunyai sejumlah petarung, yang bisa diandalkan di setiap pertandingan. Bicara tentang sosok kunci, nama Rafael Struick masuk daftar tersebut. Ia berposisi sebagai penyerang.

Sayangnya, masih ada catatan yang perlu diperbaiki. Meski nyaris selalu diturunkan akhir-akhir ini, Struick ternyata belum mencetak gol di level senior. Ia sudah unjuk gigi di 12 pertandingan.

Fakta demikian seperti membenarkan pandangan berbagai pihak. Intinya, lini depan masih menjadi area terlemah di timnas Indonesia saat ini. Kebetulan, pasukan STY akan unjuk gigi dalam waktu dekat.

Pasukan Garuda bakal kembali bertemu Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kali ini duel berlangsung di markas lawan. Tepatnya di My Dinh National Stadium, Hanoi, Selasa (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

Kesempatan bagi Struick untuk pecah telur. Jika diturunkan, ia memiliki waktu puluhan menit, berkreasi di pertahanan lawan. Menarik dinantikan bagaimana sepak terjang striker 20 tahun itu di kandang the Golden Star Warriors.

Indonesia berada di posisi kedua klasemen sementara Grup F pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pasukan Garuda mengantongi empat poin dari tiga pertandingan. Vietnam di urutan ketiga.

Skuat polesan Philippe Troussier mengemas tiga angka. Irak nyaman di singgasana Grup F dengan mengoleksi sembilan poin. Filipina di urutan terakhir. Armada Azkals baru mendulang sebiji angka.

Duel Vietnam versus Indonesia di Hanoi diprediksi memanas sejak menit pertama. Perang urat syaraf antara kedua tim terus terdengar dalam beberapa pekan terakhir. Penikmat sepak bola tanah air, bisa menyaksikan siaran langsungnya di RCTI dan Sportstars.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement