Senin 25 Mar 2024 21:15 WIB

Laksda Yoos Suryono Resmi Jabat Pangkoarmada I

Yoos Suryono menggantikan Laksda Achmad Wibisono yang ditunjuk menjadi Asrena KSAL.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pangkoarmada RI Laksdya Denih Hendrata (tengah), Pangkoarmada I Laksda Yoos Suryono (kiri) dan Laksda Achmad Wibisono (kanan) usai sertijab di Dermaga Pondok Dayung TNI AL, Jakarta Utara, Senin (25/4/2024).
Foto: Antara/Genta Tenri Mawangi
Pangkoarmada RI Laksdya Denih Hendrata (tengah), Pangkoarmada I Laksda Yoos Suryono (kiri) dan Laksda Achmad Wibisono (kanan) usai sertijab di Dermaga Pondok Dayung TNI AL, Jakarta Utara, Senin (25/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laksamana Muda (Laksda) Yoos Suryono resmi menjabat sebagai Panglima Komando (Pangkoarmada) I menggantikan Laksda Achmad Wibisono pada upacara serah terima jabatan (sertijab) di Kompleks Satuan Koarmada I Pondok Dayung, Jakarta Utara, Senin (25/3/2024).

Panglima Koarmada (Pangkoarmada) RI Laksamana Madya (Laksdya) Denih Hendrata saat memimpin upacara serah terima jabatan itu menyampaikan, rotasi jabatan merupakan bagian dari pembinaan karier perwira. Selain itu, juga bentuk penyegaran organisasi agar kinerja pasukan dapat lebih baik ke depannya.

Baca: Filipina Protes Beijing, Kapal Logistik Militernya Diserang China

Denih pun mengucapkan terima kasih kepada Laksda Achmad Wibisono atas pengabdian dan dedikasi selama bekerja. Achmad Wibisono sejak 21 Februari 2024 resmi menjabat sebagai Asisten Perencanaan dan Anggaran Kepala Staf Angkatan Laut (Asrena KSAL).

"Berikutnya, saya ucapkan selamat kepada Laksda TNI Yoos Suryono sebagai Panglima Komando Armada I. Dengan latar belakang penugasan dan pengalaman kerja, dan bekal kompetensi, Panglima dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik," kata Laksdya Denih saat membacakan amanatnya.

Baca: Irjen TNI Letjen Mar Suhartono Digantikan Laksdya Dadi Hartanto

Dia juga memberikan 13 penekanan kepada jajaran prajurit Koarmada RI TNI AL. Beberapa di antaranya, Denih menginstruksikan para prajurit untuk terus mencetak prestasi, terus berlatih, dan menjaga semangat serta militansi.

Kepada jajaran pimpinan, Denih mengingatkan mereka untuk memastikan para prajurit sejahtera. Selain itu, sambung dia, pimpinan wajib rutin mengevaluasi kinerja bawahan dan memberikan reward (hadiah) kepada yang berprestasi dan hukuman kepada prajurit yang melanggar aturan.

Denih pun mengingatkan jajaran pimpinan untuk dekat kepada prajurit dan rutin memberikan arahan melalui jam komandan. Dengan begitu, tercipta kekompakan antara pimpinan dan bawahan.

Baca: Yuk Ikut Mudik Gratis ke Semarang dan Surabaya Naik Kapal Perang

Sementara itu, Laksda Yoos Suryono merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) 1989. Dia sebelumnya menjabat sebagai Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI AL (Danseskoal). Yoos ditunjuk sebagai Pangkoarmada I pada 22 Maret 2024 oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dalam Surat Keputusan (Skep) Panglima TNI Nomor Kep/329/III/2024.

Komando Armada I merupakan komando utama yang berada di bawah naungan Komando Armada TNI AL. Koarmada I yang bermarkas di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, bertanggung jawab menjaga perairan Indonesia di daerah barat, termasuk Selat Malaka dan Laut Natuna Utara, yang berbatasan dengan Laut China Selatan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذْ اَخَذْنَا مِيْثَاقَكُمْ وَرَفَعْنَا فَوْقَكُمُ الطُّوْرَۗ خُذُوْا مَآ اٰتَيْنٰكُمْ بِقُوَّةٍ وَّاسْمَعُوْا ۗ قَالُوْا سَمِعْنَا وَعَصَيْنَا وَاُشْرِبُوْا فِيْ قُلُوْبِهِمُ الْعِجْلَ بِكُفْرِهِمْ ۗ قُلْ بِئْسَمَا يَأْمُرُكُمْ بِهٖٓ اِيْمَانُكُمْ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ
Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil janji kamu dan Kami angkat gunung (Sinai) di atasmu (seraya berfirman), “Pegang teguhlah apa yang Kami berikan kepadamu dan dengarkanlah!” Mereka menjawab, “Kami mendengarkan tetapi kami tidak menaati.” Dan diresapkanlah ke dalam hati mereka itu (kecintaan menyembah patung) anak sapi karena kekafiran mereka. Katakanlah, “Sangat buruk apa yang diperintahkan oleh kepercayaanmu kepadamu jika kamu orang-orang beriman!”

(QS. Al-Baqarah ayat 93)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement