Senin 25 Mar 2024 21:24 WIB

Masih Ada Stok 5,22 Juta Vaksin Covid-19, Kemenkes: Gratis Bagi yang Berisiko Tinggi

Vaksin Covid-19 gratis tersebut jenisnya ialah Inovac dan Indovac.

Red: Reiny Dwinanda
Penyuntikan vaksin Covid-19. Vaksin Covid-19 yang tersisa merupakan jenis Inovac dan Indovac.
Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Penyuntikan vaksin Covid-19. Vaksin Covid-19 yang tersisa merupakan jenis Inovac dan Indovac.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan mengatakan, terdapat sisa sekitar 5,22 juta vaksin di tingkat pusat dan daerah, baik jenis Inovac dan Indovac. Stok tersebut akan diberikan secara gratis pada kelompok berisiko tinggi dan tenaga kesehatan.

"Ini nanti akan diberikan secara gratis untuk kelompok berisiko tinggi dan tenaga kesehatan, tetapi berbayar untuk kelompok lain yang tidak termasuk pada risiko tinggi," kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono dalam rapat bersama Komisi IX DPR RI yang disiarkan di Jakarta, Senin (25/3/2024).

Baca Juga

Dante mengatakan, pemberian vaksin Covid-19 2024 mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan No.23 tahun 2023 dan Surat Edaran Dirjen Farmakas No.2 tahun 2023 yang berlaku mulai Januari 2024. Dia menjelaskan bahwa vaksinasi tersebut akan diberikan di fasilitas kesehatan.

Sasarannya ialah orang usia lanjut, usia dewasa dengan komorbiditas, orang dengan imunodefisiensi, ibu hamil, dan tenaga kesehatan. Vaksin Covid-19 tersebut bisa didapatkan di 240 tempat vaksinasi yang tersebar di 27 provinsi.

Dalam kesempatan itu, Dante menjelaskan bahwa terdapat sebanyak 1.345 kasus aktif Covid-19 pada Januari hingga Maret 2024. Lalu, ada 28 kasus mingguan, dan tidak ada kasus kematian pada minggu tersebut. Pengecekan mingguan sebanyak 7.700 kasus.

"Tren orang yang dites selama seminggu sejak awal 2024 itu menurun dari 0,06 jadi 0,04. Mayoritas testing masih ada di Jawa dan Bali. Sedangkan perawatan, baik ICU maupun ruang isolasi juga semakin lama semakin menurun," katanya.

Dante mengatakan, secara mingguan, empat provinsi menunjukkan peningkatan jumlah perawatan isolasi dan empat provinsi menunjukkan peningkatan jumlah ruang ICU. Dia menjelaskan, Jawa Tengah adalah provinsi yang mengalami peningkatan kasus ICU dan isolasi pada minggu yang sama, namun kasusnya relatif tidak terlalu tinggi.

Dia juga menyebutkan bahwa secara global, Covid-19 varian JN1 ada 58,6 persen, sedangkan di Indonesia 42,1 persen. Dia menyebut dua objektif dalam pengendalian Covid-19, yakni surveilans, vaksinasi terapeutik, dan komunikasi publik.

"Surveillance, kami lakukan pemantauan kasus mingguan, kemudian pemantauan kasus Influenza-Like Illness (ILI), serta Severe Acute Respiratory Infection (SARI), terutama di Surveillance Sentinel Site," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement