Selasa 26 Mar 2024 07:24 WIB

Cara Menghindari Suhu Panas pada Laptop Gaming

Akumulasi debu di kipas dan ventilasi laptop gaming dapat menghambat aliran udara.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Laptop Gaming MI
Foto: CNN
Laptop Gaming MI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laptop gaming bisa mengalami panas berlebih, terutama laptop dengan bentuk tipis dan mengutamakan desain ringkas. Kemampuan pendinginan yang kurang ekstensif sering kali menyebabkan timbulnya panas secara signifikan selama melakukan tugas berat seperti bermain game. 

Sistem pendingin yang tidak memadai, aliran udara yang terbatas, serta penumpukan debu dan kotoran semakin berkontribusi terhadap masalah panas berlebih. Pemilik laptop disarankan melakukan sejumlah cara untuk mencegah laptop gaming menjadi panas. 

Baca Juga

Ada berbagai pemicu yang bisa membuat laptop gaming menjadi panas, seperti aliran udara yang buruk di sekitar laptop, suhu ruangan yang panas, sistem pendingin laptop tidak memadai, atau keterbatasan perangkat keras. Bisa juga karena penumpukan debu dan kotoran.

Akumulasi debu di kipas pendingin dan ventilasi laptop dapat menghambat aliran udara dan menyebabkan panas berlebih. Melakukan overclock (proses meningkatkan frekuensi siklus di atas bawaan pabrik) pada CPU atau GPU laptop juga dapat memicu panas berlebih.

Setelah mengetahui penyebab laptop terlalu panas, ambil tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut dan mencegah panas lebih lanjut. Hal ini mungkin termasuk membersihkan sistem pendingin, mengoptimalkan pengaturan sistem, meningkatkan aliran udara, atau menyesuaikan kebiasaan penggunaan untuk mengurangi timbulnya panas. Berikut beberapa tindakan yang dapat dicoba, dikutip dari laman Digital Trends, Selasa (26/3/2024).

1. Letakkan laptop di atas meja

Cara paling sederhana untuk menjaga laptop tetap dingin saat bermain game adalah dengan meletakkannya di atas meja atau permukaan datar dan kokoh. Pastikan posisi meja tidak terlalu dekat dengan dinding atau perabotan lainnya, serta ada aliran udara sejuk yang bersirkulasi dengan bebas di sekitar laptop.

2. Jaga kebersihan laptop

Debu dan kotoran dapat menyumbat ventilasi dan kipas sehingga mengurangi aliran udara. Oleh karena itu, penting untuk menjaga laptop tetap bersih. Untuk membersihkan laptop, disarankan menggunakan tabung berisi udara bertekanan dan kain lembap. Sangat disarankan untuk membaca buku petunjuk servis laptop.

 Pakai cooling....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement