Selasa 26 Mar 2024 11:29 WIB

Mau Mudik Pakai Mobil Listrik? Jasa Marga Minta Pikir-Pikir Lagi

Terdapat aturan maksimal 30 menit menggunakan tempat istirahat.

Red: Ahmad Fikri Noor
Susana arus lalu lintas di ruas tol Semarang-Solo di KM 443.
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Susana arus lalu lintas di ruas tol Semarang-Solo di KM 443.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pemudik diimbau untuk mempertimbangkan efektivitas penggunaan mobil listrik yang akan digunakan saat mudik Lebaran 2024. Hal ini mengingat keterbatasan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di jalan tol.

"Sebelum mudik, pertimbangkan apakah akan menggunakan mobil listrik atau kendaraan konvensional berbahan bakar minyak," kata Direktur Utama PT Jasa Marga Semarang Batang, Nasrullah di Semarang, Jawa Tengah, Senin (26/3/2024).

Baca Juga

Menurut dia, di ruas tol sepanjang 75 km tersebut terdapat SPKLU di dua tempat istirahat, yakni di KM 379 jalur dari barat ke timur dan KM 389 di jalur dari timur ke barat. Sementara itu, kata dia, selama penyelenggaraan arus mudik dan balik Lebaran 2024 terdapat aturan maksimal 30 menit menggunakan tempat istirahat tersebut.

"Aturan selama di tempat istirahat, diminta untuk tidak berlama-lama. Maksimal 30 menit," katanya.

Dengan kondisi demikian, ia mengimbau pemudik agar mempertimbangkan penggunaan kendaraan listrik saat arus mudik nanti. Selain di ruas Tol Semarang-Batang, SPKLU juga tersedia di tempat istirahat di ruas tol Semarang-Solo.

Dirut PT Trans Marga Jateng, Prajudi, mengatakan, SPKLU tersedia di tempat istirahat di KM 456 jalur A maupun B di wilayah Salatiga. Puncak arus mudik di jalan tol di wilayah Jawa Tengah diperkirakan terjadi pada 6 April 2024.

Arus balik diperkirakan mencapai puncaknya pada 15 April 2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement