Selasa 26 Mar 2024 22:59 WIB

Amalan Agar Masuk Surga dan Selamat dari Neraka, Baca Dua Surah Alquran Ini

Alquran merupakan kitab suci agama Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi Surga
Foto: Pixabay
Ilustrasi Surga

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Alquran merupakan kitab suci agama Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Dalam Alquran menyimpan pedoman hidup bagi manusia agar selamat dunia dan akhirat. Beberapa surah dan ayat dalam Alquran mengandung keutamaan-keutamaan khusus bagi yang membacanya seperti surah Yasin dan surah ad-Dukhan.

Ahli hadis dan motivator abad ke-19, As-Samarqandi menjelaskan tentang keutamaan Surah Yasin dan ad-Dukhan. Dua surah tersebut satu sama lain memiliki keutamaan yang berkaitan. 

Baca Juga

Anas bin Malik berkata, Rasulullah bersabda, "Setiap pohon memiliki jantung, dan jantung Alquran itu adalah Yasin. Barangsiapa membacanya, ditulis untuknya pahala seperti pahala membaca seluruh Alquran sebanyak 10 kali." (HR. Al-Khathib).

Kemudian Abu Hurairah berkata, Rasulullah bersabda, "Barangsiapa membaca hamim ad-Dukhan di suatu malam, maka di pagi harinya sebanyak 70 ribu malaikat memohonkan ampunan untuknya." (HR. At-Tirmidzi).

As-Samarqandi mengatakan merujuk pada Ja'far bin Itab bahwa Surah Yasin akan mengantarkan seseorang yang membacanya ke surga. Sedangkan ad-Dukhan akan menyelematkannya dari neraka.

Ja'far bin Itab berkata, "Salah seorang tetanggaku yang tergolong fasik, meninggal dunia. Di suatu malam, aku bermimpi melihatnya di surga. Aku bertanya kepadanya, 'Apa yang telah Allah perbuat terhadapmu?' Dia menjawab, 'Allah mengampuniku.' Aku berkata, 'Dengan apa? Bukankah engkau ini seorang yang fasik?' Ia berkata, 'Diam! Tidaklah seseorang yang membaca Alquran itu fasik.' Aku bertanya, 'Apa yang engkau baca dari Alquran?' Ia menjawab, 'Yasin dan ad-Dukhan. Yasin menghantarkanku ke surga, sedangkan ad-Dukhan menyelematkanku dari neraka'".

Setiap umat Islam menginginkan di akhirat nanti masuk surga dan terhindar dari api neraka. Allah SWT akan menentukan siapa yang akan masuk surga atau neraka tergantung amalnya ketika hidup di dunia. Namun ada beberapa amalan khusus yang bisa menjadi jalur menuju surga dan menghindari diri dari api neraka.

Surah Yasin merupakan surahh Makkiyah yang sering dibaca oleh umat Islam dikala tahlilan atau selamatan. Sedangkan Ad-Dukhan juga salah satu surah Makkiyah.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement