Selasa 26 Mar 2024 22:01 WIB

Buka Bersama on The Street Ke-8 Digelar di Jabar akan Dihadiri 5.000 Orang

Bubos tahun ini mengusung tema berbagi sambil ngariung atau "Bersarung".

Red: Arie Lukihardianti
Musisi Armand Maulana tampil menghibur warga saat puncak acara Bulan Berbagi On The Street (BUBOS) ke-7 di depan Gedung Sate, Kota Bandung,
Foto: Edi Yusuf/Republika
Musisi Armand Maulana tampil menghibur warga saat puncak acara Bulan Berbagi On The Street (BUBOS) ke-7 di depan Gedung Sate, Kota Bandung,

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Buka Bersama on The Street (Bubos) ke-8 akan kembali dihelat di jalanan kawasan The Park, Pasar Kreatif Jawa Barat (Jabar), Kota Bandung, Jumat (29/3/2024). Bubos merupakan aksi sosial yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Kegiatan yang diinisiasi oleh Atalia Praratya ini bukan lah yang pertama kali, Bubos ke-1 dilaksanakan pada 2016 lalu.

Semangat konsisten untuk terus berbagi pun berlanjut di tahun 2024 ini. Kegiatan kali ini terlaksana atas kolaborasi organisasi Jabar Bergerak dengan Kwarda Pramuka Jabar. 

Baca Juga

Menurut Wakil Ketua Bubos ke-8 Zaini Alif, Bubos edisi kali ini mengusung tema berbagi sambil ngariung atau "Bersarung". Sarung itu memiliki makna keberlangsungan, tidak ada ujungnya dan menyambung terus. 

"Itulah manusia hidup, dia terus bergerak, infinity. Sarung merupakan sebuah kain yang memiliki makna yang sangat luas di Indonesia terutama di tanah Sunda. Sarung identik dengan fungsi yang beragam. Maka sarung bermakna multifungsi dan multiguna. Itulah manusia hidup itulah Jabar Bergerak," ujar Zaini, Selasa (26/4/2023).

Zaini mengatakan, Bubos merupakan acara berbagi kasih dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat. Dari mulai akademisi, pengusaha, pemerintah, media dan komunitas (pentahelix). Ia memperkirakan, Bubos ke-8 bakal dihadiri sekitar 5.000 peserta dari berbagai kalangan.

"Nanti kita akan berkumpul untuk makan bersama (botram) dengan setiap komunitas di mana mereka membawa makanan untuk berbuka bersama teman-teman yatim piatu dan dhuafa serta melakukan santunan sambil menikmati rangkaian acara," kata Zaini.

Adapun acara mulai berlangsung pada pukul 16.00 WIB hingga pukul 18.30 WIB. Selain berbuka bersama, acara juga akan dimeriahkan dengan tausiah, hiburan, fashion show, hingga beragam acara menarik lainnya. Bubos ke-8 ini terdiri dari beberapa rangkaian acara yaitu Buka Berkah dan Rantang Pramuka yang dilaksanakan pada 25-27 Maret 2024.

Menurut Zaini, Buka Berkah adalah kegiatan berbagi perlengkapan ibadah (quran, sejadah, mukena, sarung) ke mushala atau surau di daerah, pengobatan gratis untuk masyarakat, serta berbagi dan mengunjungi rumah warga yang dilakukan oleh Jabar Bergerak di 27 kabupaten kota di Jawa Barat.

“Sedangkan Rantang Pramuka adalah berbagi makanan untuk masyarakat yang dilaksanakan oleh Kwartir Cabang Pramuka di 27 kota kabupaten di Jawa Barat pada 25-27 Maret 2024,” katanya.

"Jadi kita berharap kegiatan ini bisa memberi banyak kebermanfaatan kepada masyarakat di moment bulan suci Ramadhan," imbuh Zaini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement