Polres Garut Siapkan Tiga Bus untuk Layanan Mudik Gratis

Red: Ani Nursalikah

Kamis 28 Mar 2024 06:07 WIB

Mudik gratis (Ilustrasi) Foto: Republika Mudik gratis (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Kepolisian Resor Garut menyiapkan tiga bus untuk memberikan layanan mudik gratis bagi masyarakat yang hendak mudik saat Hari Raya Idul Fitri dengan daerah tujuan Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta, kemudian Indramayu dan Cirebon, Jawa Barat.

"Tanggal keberangkatan kegiatan mudik gratis Operasi Ketupat Lodaya 2024 itu pada Sabtu tanggal 6 April 2024," kata Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha di Garut, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga

Ia menuturkan program mudik gratis salah satu instruksi langsung dari pimpinan Polri untuk memberikan pelayanan prima kepolisian kepada masyarakat, khususnya masyarakat Garut yang mau mudik saat momentum Lebaran.

Kegiatan mudik gratis itu, kata dia, diselenggarakan bagi masyarakat yang mau pulang ke kampung halamannya, tapi mengalami kendala yakni persoalan biaya, sarana, ataupun kendala lainnya, untuk itu Polres Garut memfasilitasinya.

Ia menyampaikan tujuan lain dari kegiatan tersebut menjaga keselamatan dan kenyamanan masyarakat agar dapat melaksanakan mudik dengan aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan. "Yang terpenting adalah keselamatan dan kenyamanan masyarakat itu menjadi prioritas kami," katanya.

Ia menyampaikan tiga bus yang disiapkan untuk kuota yang tersedia sebanyak 150 orang dengan titik kumpul pemberangkatan dari Markas Polres Garut Jalan Sudirman, Kecamatan Karangpawitan.

Bus yang disiapkan itu, lanjut dia, yakni dua bus menuju arah selatan dengan tujuan Cilacap, Kebumen, dan Solo, Jawa Tengah, kemudian Daerah Istimewa Yogyakarta dengan kuota yang tersedia sebanyak 100 orang.

,satu bus menuju arah bagian utara dengan kapasitas yang disiapkan sebanyak 50 orang menuju wilayah Indramayu, Cirebon, dan kota sekitarnya. "Tentunya harapan kami yakni dapat membantu meringankan masyarakat yang hendak melakukan mudik," katanya.

Masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut untuk mendapatkan layanan fasilitas mudik gratis Polres Garut itu disediakan nomor kontak yang dapat dihubungi yakni nomor telepon 081224745339 atas nama Rustandi dan 081215536283 atas nama Lutfia.

Terpopuler