Rabu 27 Mar 2024 19:06 WIB

Mudik Lebaran Lewat Sleman, Hati-Hati Jalur Rawan Kecelakaan

Dishub Sleman melakukan upaya antisipasi di jalur rawan kecelakaan.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Irfan Fitrat
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman Arip Pramana.
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman Arip Pramana.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengingatkan soal jalur rawan kecelakaan lalu lintas menjelang momen mudik Lebaran Idul Fitri 2024. Seperti di kawasan Prambanan.

Kepala Dishub Kabupaten Sleman Arip Pramana mengatakan, di kawasan Prambanan ada jalur Breksi dan Pereng yang terbilang rawan kecelakaan lalu lintas, terlebih bagi para pemudik yang baru memasuki wilayah DIY. Pasalnya, kata dia, kemiringan jalan di jalur tersebut hampir 90 derajat. “Kendaraan itu rata-rata didesain 25 derajat,” kata Arip, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga

Mengantisipasi kecelakaan, Arip mengatakan, upaya antisipasi dilakukan. Seperti memasang rambu-rambu yang mengingatkan pengemudi agar menggunakan gigi rendah saat hendak melintasi jalan yang miring, baik dari arah atas maupun bawah. “Termasuk pembatasan untuk bus tidak boleh naik yang dari arah Pereng,” kata dia.

Wakil Kepala Satlantas Polresta Sleman AKP Arfita Dewi mengatakan, berdasarkan data dua bulan terakhir, Jalan Kaliurang menjadi jalur yang rawan kecelakaan. “Tadinya di Jalan Siliwangi, sudah bergeser di Jalan Kaliurang, kilometer 4-17,” kata dia di Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, Rabu.

Selain itu, jalur Prambanan-Kalasan. Menurut Arfita, data jalur rawan kecelakaan dapat berubah setiap bulannya. Namun, belakangan ini, ada dua ruas jalan yang terbilang rawan kecelakaan. “Saat ini di Jalan Kaliurang dan Jalan Solo,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement