Rabu 27 Mar 2024 23:00 WIB

Survei Terbaru Ini Ungkap Mayoritas Warga Amerika Serikat Tolak Serangan Israel di Gaza

Warga Amerika Serikat tak setuju aksi militer Israel di Gaza

Red: Nashih Nashrullah
Warga Palestina memeriksa kerusakan bangunan tempat tinggal pasca serangan udara Israel di Rafah, Jalur Gaza selatan.
Foto: AP Photo/Fatima Shbair
Warga Palestina memeriksa kerusakan bangunan tempat tinggal pasca serangan udara Israel di Rafah, Jalur Gaza selatan.

REPUBLIKA.CO.ID,  WASHINGTON— Lebih dari 50 persen warga Amerika Serikat tidak menyetujui aksi militer Israel di Gaza, yang merupakan sebuah perubahan besar dari November lalu ketika setengah warga Amerika Serikat menyetujuinya, demikian menurut survei Gallup yang baru pada Rabu.

“Sebanyak 55 persen saat ini tidak menyetujui tindakan Israel, sementara 36 persen menyetujuinya,” ungkap jajak pendapat tersebut.

Baca Juga

Hal ini kontras dengan survei pada November lalu ketika 45 persen warga Amerika Serikat tidak menyetujui perilaku Israel dan 50 persen warga Amerika Serikat menyetujuinya.

Survei terbaru itu juga mengemukakan bahwa hampir tiga perempat orang mengatakan bahwa mereka mengikuti berita dari Gaza dengan cermat, dan sepertiganya mengamati situasi tersebut “dengan sangat cermat.”

“Ketidaksetujuan terhadap tindakan militer Israel itu selaras hasilnya, terlepas dari seberapa besar perhatian Amerika terhadap konflik tersebut," papar survei tersebut.

"Namun, mereka yang kurang memberikan perhatian lebih besar kemungkinannya untuk tidak mempunyai pendapat mengenai masalah ini dibandingkan rekan-rekan mereka, sehingga menghasilkan tingkat persetujuan yang lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang yang memberikan perhatian lebih besar. perhatian,” lanjut jajak pendapat tersebut.

Ketiga kelompok pemilih utama juga menjadi kurang menunjukkan dukungannya terhadap tindakan Israel.

Pemilih Partai Republik terus menyatakan dukungan paling signifikan, tetapi bahkan dukungan mereka turun dari 71 persen pada November menjadi 64 persen saat ini.

Sementara itu, 75 persen anggota Partai Demokrat dan 60 persen anggota independen tidak menyetujui tindakan militer Israel di Gaza, menurut survei tersebut.

Hanya 27 persen warga Amerika Serikat yang menyetujui cara Presiden Amerika Serikat Joe Biden menangani situasi di Timur Tengah, berdasarkan temuan tersebut.

Jajak pendapat tersebut dilakukan pada 1-20 Maret terhadap 1.016 orang dewasa di 50 negara bagian Amerika Serikat dan wilayah District of Columbia. 

Sementara itu, lebih dari 32.400 warga Palestina telah terbunuh dan hampir 74.800 orang terluka akibat kehancuran massal dan kekurangan bahan-bahan kebutuhan pokok.

Perang Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza terpaksa mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituntut akibat melakukan genosida di Mahkamah Internasional pada Januari.

Mahkamah Internasional mengeluarkan putusan sela memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida, dan mengambil tindakan untuk menjamin bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.

photo
Kelaparan Esktrem di Gaza - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement