Kamis 28 Mar 2024 01:05 WIB

Peningkatan Gerak UMKM Bisa dengan Berbagai Cara, Termasuk Melalui Digital

Telkomsel dan Evermos kerjasama untuk meningkatkan gerak UMKM melalui digital.

Red: Bilal Ramadhan
Penandatanganan nota kesepahaman antara Telkomsel dan Evermos. Telkomsel dan Evermos kerjasama untuk meningkatkan gerak UMKM melalui digital.
Foto: Istimewa
Penandatanganan nota kesepahaman antara Telkomsel dan Evermos. Telkomsel dan Evermos kerjasama untuk meningkatkan gerak UMKM melalui digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Sebagai upaya mendukung pertumbuhan dan pemberdayaan UMKM di Indonesia, Telkomsel, perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, dan startup Evermos, portofolio dari Telkomsel Ventures dan sebuah platform connected commerce yang menyediakan jaringan distribusi serta layanan commerce terintegrasi berfokus pada produk halal terkurasi melakukan kerjasama.

Kerjasama ini dengan menandatangani sebuah Nota Kesepahaman pada Senin (18/3) di Kantor Pusat Evermos, Bandung. Kerja sama strategis yang digagas melalui lini bisnis Telkomsel Enterprise, bertujuan untuk memperluas jangkauan pasar Telkomsel melalui jaringan distribusi Evermos.

Dalam kolaborasi ini, para reseller dan supplier dalam ekosistem Evermos akan menggunakan sejumlah solusi digital yang disediakan oleh Telkomsel Enterprise. Seperti solusi UMKM Plus, bundling kartu perdana baru, dan pembukuan digital, untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka.

Selain itu, Telkomsel juga akan memperluas jangkauan penjualan produk-produk unggulannya seperti IndiHome, RoaMAX, by.U, dan Orbit melalui jaringan distribusi Evermos, meningkatkan potensi pendapatan bagi para reseller. Sebagai bagian dari kerja sama ini, Evermos juga meningkatkan keamanan transaksi dan keandalan platformnya bagi para pengguna dengan implementasi solusi seamless authentication dari Telkomsel Enterprise.

Vice President Area Account Management Telkomsel, Samuel Pasaribu, mengatakan, selaras dengan semangat Indonesia untuk terus menggerakkan kemajuan, Telkomsel melangkah bersama salah satu portofolio dari Telkomsel Ventures untuk memperkuat ekosistem digital UMKM Indonesia.

Melalui sinergi bersama Evermos, Telkomsel meyakini bahwa #PastiAdaSolusi dan layanan inovatif yang dapat meningkatkan efisiensi operasional bisnis UMKM dan reseller, sekaligus membantu meningkatkan daya saing dan potensi pendapatan mereka.

"Ke depan, kami berharap kolaborasi bersama Evermos ini dapat secara nyata mendorong pemberdayaan dan pengembangan UMKM Indonesia, serta mengakselerasi kemajuan perekonomian negeri secara inklusif dan berkelanjutan," kata Samuel dalam rilisnya, Rabu (27/3/2024).

Sebagai perusahaan yang memiliki misi untuk mengembangkan ekosistem wirausaha lokal, Evermos, melalui kolaborasi ini, berkomitmen untuk mendukung inovasi serta transformasi digital di sektor UMKM. Diharapkan, dengan memanfaatkan teknologi dan jaringan yang handal, UMKM di Indonesia dapat terus berkembang serta berkontribusi lebih besar dalam perekonomian Indonesia.

"Dengan berkolaborasi dengan Telkomsel yang memiliki komitmen membangun sinergi dalam ekosistemnya, inisiatif ini dapat memberikan dampak positif lebih besar bagi UMKM di Indonesia. Kerja sama ini sekaligus juga memperkuat hubungan antara Evermos dan Telkomsel, yang bermula dari kolaborasi dengan Telkomsel Ventures, hingga berlanjut ke lini bisnis Telkomsel lainnya," ujar Arip Tirta selaku co-founder dan President Evermos.

"Di Evermos, kolaborasi merupakan bagian dari DNA kami. Dengan jaringan luas terhadap UMKM dan reseller yang dimiliki, kami menawarkan akses kepada perusahaan lain untuk dapat turut mendukung kebutuhan dari berbagai tantangan yang dihadapi para UMKM serta reseller ini di lapangan," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement