Rabu 27 Mar 2024 23:48 WIB

Gelar Pasar Malam, Pemkab Ponorogo Prioritaskan UMKM Lokal

Pasar Malam di Ponorogo akan digelar mulai 31 Maret hingga 22 April 2024.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Pasar malam.
Foto: ANTARA/Harviyan Perdana Putra
(ILUSTRASI) Pasar malam.

REPUBLIKA.CO.ID, PONOROGO — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo, Jawa Timur, akan menggelar agenda Pasar Malam mulai 31 Maret hingga 22 April 2024. Pemkab akan memprioritaskan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal Ponorogo untuk memeriahkan Pasar Malam.

“Perputaran ekonomi pada momen Pasar Malam Ramadhan selalu tinggi. Kami ingin manfaat ekonomi ini lebih banyak dinikmati pedagang dan UMKM lokal,” ujar Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Perdagkum) Kabupaten Ponorogo Okta Hariadi, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga

Untuk itu, Okta mengatakan, dari total 200 stan yang akan disediakan, 70 persennya ditujukan untuk UMKM lokal Ponorogo. “Komposisinya 30 persen luar daerah, 70 persen lokal. Itu untuk pedagang ukuran lapaknya juga menyesuaikan. Kalau wahana permainan itu berbeda lagi nanti,” kata dia.

Pendaftaran peserta Pasar Malam akan dibuka pada Rabu (27/3/2024) hingga Kamis (28/3/2024). Tarif sewa stan Pasar Malam ini disebut Rp 1.500 per meter per hari.

Okta mengatakan, tahun lalu, agenda Pasar Malam dapat menyumbang sekitar Rp 350 juta untuk pendapatan asli daerah (PAD), baik itu dari sewa lapak dan stan, serta retribusi parkir. “Tahun ini kami usahakan naik dari jumlah itu,” ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement