Kamis 28 Mar 2024 16:30 WIB

Cerita Para Musisi Muda Kenalkan Karya Lewat Konten TikTok

TikTok dianggap dapat memperluas jangkauan karya para musisi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Konferensi pers TikTok Rising Indonesia di Creative Culture Ampera, Jakarta, Rabu (27/3/2024).
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Konferensi pers TikTok Rising Indonesia di Creative Culture Ampera, Jakarta, Rabu (27/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kian banyak musisi yang memanfaatkan platform TikTok untuk memperkenalkan karya ke audiens yang lebih luas. Hal itu dilakukan banyak musisi lintas generasi, terlebih musisi dari kalangan muda yang sangat familier dengan media sosial.

Salah satunya adalah solois perempuan Mega Avolia, yang lebih dikenal dengan nama panggung Avolia. Kontestan ajang pencarian bakat Idola Cilik tahun 2008 itu menyadari betul bahwa TikTok bisa memberikan dampak besar agar karyanya dikenal.

Baca Juga

Avolia pun memanfaatkan hal itu dengan sebaik-baiknya. Semula, dia menggunakan TikTok untuk membawakan lagu-lagu cover. Pada 2021, hasil cover Avolia untuk lagu "Hey Ladies" di-notice oleh musisi aslinya, Rossa, serta sang pencipta lagu, Melly Goeslaw.

Hal itu membuat nama Avolia kian dikenal, begitu pun karya-karyanya. Dia lantas membuat recycle lagu "Hey Ladies". Sejumlah lagu ciptaan Avolia sendiri pun semakin dikenal penikmat musik Indonesia, seperti "Kamu Pemain, Aku Pelatih" dan "Jangan Pikir".

"Bangga banget dikenal karena lagu ciptaan aku sendiri. Fans aku sekarang juga banyak dari Malaysia," ungkap perempuan 26 tahun itu.

Sementara itu, tayangan video "Kamu Pemain Aku Pelatih" milik Avolia di TikTok mencapai lebih dari 160 juta penayangan hanya dalam dua bulan. Kini, Avolia menjadi salah satu musisi yang tergabung dalam program "TikTok Rising Indonesia" bersama sembilan musisi lainnya.

Bertempat di Creative Culture Ampera, Jakarta, Rabu (27/3/2024), ke-10 musisi itu juga menampilkan music showcase. Mereka adalah Maliq & D'Essentials, Ghea Indrawari, Jaz Hayat, The Lantis, Avolia, Aziz Hedra, Fabio Asher, Stevan Pasaribu, ENVY*, dan Feel Koplo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement