Kamis 28 Mar 2024 14:22 WIB

Lahan Seluas 800 Hektare di Purwakarta, Mulai Panen Raya Musim Tanam Rendeng

Panen ini untuk memastikan ketersediaan stok pangan beras di Purwakarta

Rep: Antara/ Red: Arie Lukihardianti
Petani menjemur padi basah yang baru dipanen
Foto: Edi Yusuf/Republika
Petani menjemur padi basah yang baru dipanen

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA--- Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat (Jabar), memastikan ratusan hektare areal persawahan mulai memasuki masa panen raya musim tanam rendeng tahap pertama tahun ini. Musim rendeng adalah musim tanam yang dilaksanakan pada saat musim hujan, yakni pada periode November, Desember, Januari, Februari dan Maret.

"Alhamdulillah, sekarang di Purwakarta sudah mulai panen musim rendeng," ujar Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan, di Purwakarta, Kamis (28/3/2024).

Baca Juga

Benni mengatakan, tanaman padi yang dipanen kali ini adalah hasil dari penanaman yang dilakukan pada Desember 2023 yang masuk dalam program percepatan masa tanam. "Jadi setelah tiga bulan, kita bisa melaksanakan panen tahap pertama. Ini merupakan bagian dari upaya kita dalam melakukan percepatan tanam pada Desember 2023 lalu," kata Benni.

Panen raya musim rendeng ini, kata dia, luasnya mencapai sekitar 800 hektare. Di antaranya berlangsung di lima desa sekitar Kecamatan Plered, yakni Desa Citeko, Gandasoli, Gandamekar, Rawasari dan Desa Sindangsari.

Menurutnya, panen ini juga untuk memastikan ketersediaan stok pangan beras terutama untuk di Kabupaten Purwakarta. Selain itu juga diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi daerah-daerah lain. 

Sementara itu, pada musim tanam rendeng tahun ini, Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta menargetkan produksi padi mencapai 111.234 ton gabah kering giling. "Target produksi itu meningkat, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan produksi masa tanam rendeng tahun lalu, yang mencapai 101.071 ton gabah kering giling," katanya.

Proyeksi target produksi padi pada tahun ini, kata dia, akan dihasilkan melalui areal persawahan seluas 17.970 hektare yang tersebar di 17 kecamatan di seluruh Purwakarta. Areal persawahan tersebut jauh lebih luas dibandingkan musim tanam tahun sebelumnya yang mencapai 14.316 hektare. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement