Kamis 28 Mar 2024 15:28 WIB

Musrenbang, Pj Gubernur Banten Al Muktabar: Fokuskan pada Pencapaian Indonesia Emas 2045

Saat ini bonus demografi harus dimanfaatkan untuk saling mengisi satu sama lain.

Red: Gita Amanda
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menyebutkan, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 memfokuskan kepada pencapaian Indonesia Emas 2045.
Foto: Pemprov Banten
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menyebutkan, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 memfokuskan kepada pencapaian Indonesia Emas 2045.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menyebutkan, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 memfokuskan kepada pencapaian Indonesia Emas 2045. Hal tersebut disampaikan Al Muktabar usai membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Banten Tahun 2025-2045 di Hotel Swiss-Belinn, Cikande, Kabupaten Serang, Rabu (27/3/2024).

Al Muktabar mengungkapkan di antara hal mendasar yang dirumuskan dalam dokumen resmi dari Musrenbang RPJPD ini adalah bagaimana mengimplementasikan berbagai perencanaan program pada agenda kerja nasional yang telah digulirkan oleh Presiden Jokowi. 

Baca Juga

"Agenda nasional itu peta jalannya menggulirkan rancangan untuk Indonesia Emas 2045, dimana saat ini bonus demografi itu harus dimanfaatkan untuk saling mengisi satu sama lain. Di satu sisi kompetensinya harus kita tingkatkan, di sisi lain produktivitasnya juga dituntut harus ditingkatkan juga," ujarnya. 

Oleh karena itu, rencana agenda sampai tahun 2045 itu harus diisi dengan berbagai tahapan, baik keterkaitan dengan strategi nasional maupun daerah yang termaktub dalam dokumentasi resmi RPJPD. Tahapan itu meliputi sinkorinisasi asas-asas teknokratiknya, dimana kita dalam koridor NKRI keterkaitan pusat dan daerah itu menjadi sebuah keharusan. Makanya prinsip saling kolaborasi itu menjadi rancangan dokumen yang kita susun untuk terdokumentasikan bagi pembangunan Provinsi Banten dengan delapan Kabupaten dan Kotanya. 

"Kemudian kita juga membaca dan merespon berbagai masukan dengan data-data yang akurat terkait dengan arah kedepan yang akan menjadi prioritas daerah," pungkasnya. 

photo
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menyebutkan, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 memfokuskan kepada pencapaian Indonesia Emas 2045. - (Pemprov Banten)

Sementara itu Kepala Bappeda Provinsi Banten Mahdani dalam laporannya mengungkapkan, Musrenbang RPJPD Provinsi Banten 2025-2045 Ini bertujuan membahas rancangan RPJPD dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap Visi, Misi, arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD. 

"Melalui musyawarah perencanaan pembangunan ini diharapkan dapat menyerap aspirasi, partisipasi dari seluruh pemangku kepentingan pembangunan," ucapnya. (ADV)

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَفَمَنْ كَانَ عَلٰى بَيِّنَةٍ مِّنْ رَّبِّهٖ وَيَتْلُوْهُ شَاهِدٌ مِّنْهُ وَمِنْ قَبْلِهٖ كِتٰبُ مُوْسٰىٓ اِمَامًا وَّرَحْمَةًۗ اُولٰۤىِٕكَ يُؤْمِنُوْنَ بِهٖ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِهٖ مِنَ الْاَحْزَابِ فَالنَّارُ مَوْعِدُهٗ فَلَا تَكُ فِيْ مِرْيَةٍ مِّنْهُ اِنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَّبِّكَ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يُؤْمِنُوْنَ
Maka apakah (orang-orang kafir itu sama dengan) orang yang sudah mempunyai bukti yang nyata (Al-Qur'an) dari Tuhannya, dan diikuti oleh saksi dari-Nya dan sebelumnya sudah ada pula Kitab Musa yang menjadi pedoman dan rahmat? Mereka beriman kepadanya (Al-Qur'an). Barangsiapa mengingkarinya (Al-Qur'an) di antara kelompok-kelompok (orang Quraisy), maka nerakalah tempat yang diancamkan baginya, karena itu janganlah engkau ragu terhadap Al-Qur'an. Sungguh, Al-Qur'an itu benar-benar dari Tuhanmu, tetapi kebanyakan manusia tidak beriman.

(QS. Hud ayat 17)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement