Mengapa Alquran Diturunkan di Bulan Ramadhan?

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 28 Mar 2024 20:50 WIB

Pengungsi duduk bersama di samping tenda mereka untuk makan selama bulan suci Ramadhan pada acara buka puasa bersama yang diselenggarakan oleh kelompok sukarelawan pemuda di kamp Rafah di selatan Jalur Gaza, Rabu (27/3/2024). Foto: EPA Pengungsi duduk bersama di samping tenda mereka untuk makan selama bulan suci Ramadhan pada acara buka puasa bersama yang diselenggarakan oleh kelompok sukarelawan pemuda di kamp Rafah di selatan Jalur Gaza, Rabu (27/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran diturunkan di bulan Ramadhan karena bulan ini adalah bulan istimewa dan penuh berkah. Bulan Ramadhan adalah saat di mana Alquran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dari Allah melalui Malaikat Jibril.

Di Ramadhan ini pula, umat Muslim meningkatkan amal ibadah dan dan memperkuat hubungan dengan Allah. Selama Ramadhan, umat Islam berpuasa dan memperbanyak tilawah Alquran serta amalan ibadah lainnya sebagai bentuk penghormatan terhadap turunnya kitab suci tersebut.

Baca Juga

Pertanyaannya kemudian, mengapa Alquran diturunkan di bulan Ramadhan? Allah SWT berfirman:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

"Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur." (QS Al Baqarah ayat 185).

Ayat tersebut menyampaikan Alquran diturunkan di bulan Ramadhan. Adapun dalam ayat lain menunjukkan turunnya Alquran terjadi pada malam Lailatul Qadar, salah satu malam di bulan Ramadhan. Namun, apakah Alquran turun secara keseluruhan pada malam tersebut?

Lembaga fatwa Mesir, Dar Al Ifta Mesir, menyatakan, turunnya Alquran kepada Rasulullah SAW dimulai pada malam Lailatul Qadr di bulan Ramadhan. Alquran diturunkan dalam satu kesatuan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul 'Izzah di langit dunia.

Kemudian, diturunkan secara bertahap...

Terpopuler